Diterima MM-HH, Kota Bitung Raih Penghargaan Adipura Kencana Diterima MM-HH, Kota Bitung Raih Penghargaan Adipura Kencana - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Diterima MM-HH, Kota Bitung Raih Penghargaan Adipura Kencana

28 February 2023 | 23:50 WIB Last Updated 2023-03-14T22:56:23Z


JAKARTA, (Indimanado.com)  – Dibawah Kepemimpinan Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM, dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar SE, Kota Bitung menerima Penghargaan Adipura Kencana 2022 Kategori Kota Sedang di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Jakarta, Selasa (28/2/2023).

 

Penghargaan Adipura ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2023 dengan mengusung tema “Zero Waste, Zero Emission Indonesia” dimana tujuannya adalah pengelolaan dan penanganan sampah di Indonesia.



Penghargaan Adipura terakhir dilakukan pada tahun 2018. Kemudian tertunda dikarenakan Covid-19. Setelah 3 tahun, Penghargaan Adipura kembali dilakukan.

 

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati mengatakan Program Adipura adalah kebijakan tentang pengelolaan sampah dalam pemilahan, pendauran, dan penanggulangan sampah di setiap TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Kota/Kabupaten di Indonesia. Kota/Kabupaten yang yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.



“Kota/Kabupaten yang mampu mengelola masalah kebersihan di daerahnya, diberikan Penghargaan Adipura. Penghargaan Adipura Tahun 2022 ini dilakukan atas penilaian terhadap 258 Kota/Kabupaten dari 512 Kota/Kabupaten se Indonesia,” ujarnya.

 

Dalam penilaian tersebut, Kota Bitung adalah salah satu Kota yang dinilai dan berhasil dalam mengelola kebersihan kota. Hal ini menjadikan Kota Bitung mendapatkan Penghargaan Adipura Kencana 2022 Kategori Kota Sedang.



Diketahui Penghargaan Adipura Kencana adalah Penghargaan Tertinggi kepada Kota/Kabupaten yang memenuhi syarat sebagai Kota yang berkelanjutan serta sebelumnya telah menerima Penghargaan Adipura minimal tiga kali secara berturut-turut.

 

Saat ditemui setelah usai acara, Maurits katakan berbangga atas Penghargaan yang diterima oleh Kota Bitung. Namun Penghargaan ini bukan sebuah tujuan. Bukan soal kertas atau pialanya. Inti dari pencapaian ini adalah konsistensi dan kolaborasi semua pihak sehingga kebersihan di Kota Bitung terus terjaga.



Adapun kategori Penghargaan yang diberikan yakni Sertifikat Adipura, Plakat Adipura, Penghargaan Adipura dan Penghargaan Adipura Kencana (Penghargaan Tertinggi).

 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang sudah berupaya mengelola kebersihan di daerah masing-masing dan mengucapkan selamat kepada Kota/Kabupaten yang telah mendapatkan Penghargaan Adipura 2022.



Hadir dalam acara ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc; Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati; Dewan Adipura, Ir. Sarwono Kusumaatmaja; Para Walikota/Bupati penerima Penghargaan Adipura. (Advetorial)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close