Monitoring dan Evaluasi Budidaya Perikanan, Dinas Perikanan Kota Bitung Sambangi Pokdakan Monitoring dan Evaluasi Budidaya Perikanan, Dinas Perikanan Kota Bitung Sambangi Pokdakan - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Monitoring dan Evaluasi Budidaya Perikanan, Dinas Perikanan Kota Bitung Sambangi Pokdakan

2 February 2023 | 20:56 WIB Last Updated 2023-02-03T14:28:10Z
Ketua kelompok pembudidaya ikan Manembo-nembo Jaya, Jerry Rumampuk saat menerima kunjungan Dinas Perikanan Kota Bitung. Foto Ridho L Tobing/indimanado.com

Manembo-nembo, (Indimanado.com) -  Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Perikanan melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi budidaya perikanan.

Atas arahan Sadat Minabari SIK MSI, Kadis Perikanan Kota Bitung, tim monitoring yang dipimpin oleh Els Sangkalia, Kabid pengelolaan pembudidayaan ikan, menyambangi lokasi lahan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) Manembo-nembo Jaya, di Manembo-nembo Bawah, Rabu (1/2/2023).

"Kita akan melihat hasil dari kegiatan kelompok atas bantuan yang di berikan oleh Dinas pada tahun 2021, bahwa apa yang diberikan oleh dinas ini bisa berhasil dan dapat memberikan manfaat bagi kelompok," ungkapnya.

Di lokasi kelompok yang terdiri dari  sekitar 10 petak kolam ikan ini, tim Dinas Perikanan mendokumentasikan serta mengambil keterangan dari ketua kelompok untuk mendapatkan beberapa data sebagai laporan.


Adapun lokasi Pokdakan Manembo-nembo jaya ini menerima bantuan ikan pada program 2021, namun pada pertengahan 2022 lalu, lokasi ini berdasarkan dokumentasi ketua kelompok, terkena banjir akibat tingginya curah hujan pada waktu itu, yang mengakibatkan meluapnya kolam, sehingga banyak ikan yang sementara menjadi program budidaya hanyut terbawa arus banjir.

Terkait situasi ini dan juga tingginya curah hujan saat ini, Kabid Els akan memohon bantuan ke Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Tatelu atau dari provinsi.

Kunjungan dari Disperik Kota Bitung ini disambut antusias oleh Pokdakan karena bukan hanya monitoring tapi juga bisa memberikan solusi atas permasalahan kelompok budidaya ikan.

Diakhir pertemuan, Kabid Els menyampaikan bahwa kunjungan seperti ini guna memastikan bantuan berhasil dan apakah memberikan manfaat kepada kelompok.

"Kita melihat bahwa apa yang pemerintah berikan kepada masyarakat, terutama Kelompok budidaya ikan itu berhasil dan dapat memberikan manfaat bagi kelompok, terutama untuk meningkatkan pendapatan," tutupnya.

Kunjungan ini juga di hadiri oleh Penyuluhan perikanan, Sukmawati SPi. (Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close