Bitung Pecahkan Rekor MURI, 1200 Peserta Ikut Pelatihan Matematika Metode GASING Bitung Pecahkan Rekor MURI, 1200 Peserta Ikut Pelatihan Matematika Metode GASING - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bitung Pecahkan Rekor MURI, 1200 Peserta Ikut Pelatihan Matematika Metode GASING

14 March 2023 | 15:06 WIB Last Updated 2023-03-28T09:41:55Z

BITUNG, (Indimanado.com) - Kota Bitung meraih rekor MURI (Museum Rekor Dunia - Indonesia), setelah 1200 orang peserta ikut dalam pelaksanaan pelatihan matematika metode GASING (Gampang, Asik dan Menyenangkan). 

Para peserta yang terdiri dari 400 orang tenaga didik (guru) dan 800 orang peserta didik (siswa) ini mengikuti pelatihan matematika metode Gasing selama 14 hari sejak 16 Februari - 4 Maret 2023 di SMP Negeri 2 Bitung.


Penghargaan dalam bentuk piagam ekslusif ini diserahkan oleh Direktur Marketing MURI, Awan Raharjo kepada Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri MM dalam acara penutupan pelatihan Metode Gasing tahap kedua di Sporthall and Convention, GOR Manembo-nembo, Kawasan Stadion Dua Sudara, Kota Bitung, Senin (13/3/2023).

Diketahui, tahap pertama pelatihan metode Gasing ini digelar sebelumnya di GOR Manembo-nembo, Kota Bitung, pada tanggal 1 - 16 Desember 2022, yang di ikuti oleh 120 orang peserta yang terdiri oleh 30 orang guru dan 90 orang siswa.


Dalam bagian sambutan Walikota Mantiri, Ia mengatakan "kita harus branding kemampuan anak - anak ini yang memiliki kapasitas kompetensi yang luar biasa di Bidang Matematika sehingga transformasi, numerasi, dan literasi dalam bidang Digital akan lebih dimudahkan bagi kita," tuturnya.

"Kita juga akan mengadakan lomba-lomba dengan hadiah yang sangat menarik agar supaya pembelajaran Metode GASING tidak berhenti begitu saja dan bisa terus berkelanjutan," tambah Mantiri.


Senada dengan itu, Pemerintah Kota Bitung telah menyusun perancangan pembangunan Gedung Pusat Pelatihan di atas lahan 5 hektar yang telah disiapkan pelaksanaannya tahun ini juga, yang bertujuan agar kedepan siswa SMA para ASN dan THL, serta masyarakat kota Bitung bisa turut menikmati metode pelatihan serupa.

Metode belajar matematika Gasing ini di gagas oleh Profesor Yohanes Surya, Ph.D, pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI sekaligus sebagai Founder Yayasan Teknologi Indonesia Jaya.


Menurut Prof. Yohanes Surya, ini bukan hanya rekor nasional tapi rekor dunia.

"Saya bisa katakan ini sebenarnya rekornya bukan cuma rekor Indonesia tapi Rekor Dunia,” ucap Prof. Yohanes Surya, P.Hd.

Ditempat yang sama, Direktur Marketing MURI, Awan Raharjo menyampaikan apresiasinya atas pemecahan rekor ini.


"MURI apresiasi sebuah peristiwa superlatif, dalam kategori pendidikan dilaksanakan seluruh anak-anak di Kota Bitung. Atas prakarsa Wali Kota Bitung dan Prof Surya pencetus metode matematika Gasing dengan peserta guru dan siswa terbanyak, total 1.200 orang,” kata Awan Raharjo.


Sejauh ini, Pemerintah Kota Bitung telah melepas sementara 4 orang guru Kota Bitung yang dipercayakan menjadi Trainer oleh Prof.Yohanes Surya yang telah keluar daerah untuk mengimplementasikan kegiatan ini, dan ada seorang guru yang menjadi Trainer Gelombang Pertama sementara mendampingi 2 siswa pelatihan matematika di Laguboti, Sumatera Utara, sebagai persiapan dalam menghadapi olimpiade Matematika tingkat asia yang akan di laksanakan di Dairi, Sumatera Utara pada November Mendatang.  (Ido Tobing/Advetorial) 
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close