Pemkot Bitung Meriahkan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 dengan Partisipasi 1000 Oma dan Opa Pemkot Bitung Meriahkan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 dengan Partisipasi 1000 Oma dan Opa - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkot Bitung Meriahkan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 dengan Partisipasi 1000 Oma dan Opa

30 May 2023 | 23:43 WIB Last Updated 2023-05-30T16:04:37Z

Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri MM saat menyapa para lansia. Foto Ridho L Tobing/indimanado.com


BITUNG, Indimanado.com - Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 Kota Bitung menjadi momen bahagia bagi 1000 Oma dan Opa yang turut merayakan acara tersebut. Dihadiri oleh Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri MM, perayaan berlangsung di GOR Duasudara Kota Bitung pada Senin (29/5/2023).


Dalam tema "Lansia terawat, Indonesia Bermartabat", Walikota Maurits Mantiri menegaskan komitmen Pemerintah Kota Bitung dalam memperhatikan kebutuhan para lansia di wilayah tersebut, khususnya dalam pelayanan publik. Fasilitas publik dan pemerintahan tidak hanya akan disesuaikan dengan kebutuhan kaum difabel, tetapi juga akan menjadi ramah bagi lansia.


Salah satu upaya nyata Pemerintah Kota Bitung adalah dengan menyediakan bus khusus untuk komunitas lansia di kota tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mobilitas mereka dan meningkatkan kualitas hidup.

Walikota Bitung juga mengajak para lansia untuk turut mensosialisasikan program-program Pemerintah Kota Bitung, seperti program "Bitung Akademia" yang memberikan pembekalan kepada anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan atau mengikuti tes TNI/Polri. Selain itu, Pemerintah Kota Bitung juga berencana menyediakan fasilitas bagi pelaku "Digital Nomad", mereka yang bekerja secara digital menggunakan layanan jaringan internet dan memiliki gaya hidup konsumtif. Jika Bitung menjadi salah satu tempat tujuan bagi pelaku Digital Nomad, hal ini akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Bitung.


Acara ini juga diramaikan dengan pembacaan sambutan dari Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulut, Jemmy Ringkuangan, AP, MSi. Gubernur menyampaikan ucapan selamat kepada para lansia dalam perayaan HLUN ke-27, serta mengapresiasi Pemerintah Kota Bitung atas inisiatif dan kolaborasi yang telah menghasilkan acara ini. Hal ini sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian Pemerintah terhadap kontribusi para lansia dalam pembangunan bangsa dan daerah.

"Kiranya, melalui peringatan yang berbahagia saat ini, mampu memberikan berkat dan nilai positif untuk seluruh Lansia yang ada di daerah, sebagai bentuk apresiasi, penghargaan dan kepedulian Pemerintah atas keberadaan dan dedikasi yang telah diberikan kepada bangsa dan daerah," kutip Ringkuangan.


Selama peringatan HLUN yang dihadiri oleh sekitar 1000 orang lansia di Kota Bitung, bantuan alat bantu seperti kursi roda, tongkat Wolker, dan Piramid dibagikan kepada para lansia. Tim Kesehatan dari Puskesmas Paceda, Girian Weru, sagerat, dan RSUD Bitung juga hadir dengan perlengkapan pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan, serta mobil ambulance siaga untuk memberikan pelayanan kesehatan yang diperlukan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua TP-PKK Kota Bitung, Ny. Rita Mantiri-Tangkudung, ST, Ketua DPRD Kota Bitung, Aldo Ratungalo, unsur Forkopimda Kota Bitung, anggota DPRD Kota Bitung, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Bitung, Ny. Nurjaya Theno Munarwin, pengurus lansia Provinsi Sulut, jajaran Pemerintah Kota Bitung, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pengurus lansia Kota Bitung. (Ido Tobing/Advetorial)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close