Walikota Maurits Mendorong Penggunaan Layanan FinTech dalam Pembayaran: Expo Petra UMKM sebagai Contoh Implementasi Walikota Maurits Mendorong Penggunaan Layanan FinTech dalam Pembayaran: Expo Petra UMKM sebagai Contoh Implementasi - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Walikota Maurits Mendorong Penggunaan Layanan FinTech dalam Pembayaran: Expo Petra UMKM sebagai Contoh Implementasi

26 May 2023 | 23:38 WIB Last Updated 2023-05-26T15:38:34Z
Walikota Bitung Maurits Mantiri MM sat memberikan contoh menggunakan sistem transaksi QRis saat berbelanja di stan-stan UMKM. Foto Ridho L Tobing/indimanado.com


BITUNG, Indimanado.com - Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri MM, telah mengajak para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), mahasiswa, serta masyarakat untuk memanfaatkan layanan keuangan berbasis teknologi (FinTech) dalam pembayaran. Ajakan ini disampaikan oleh Walikota Maurits saat pembukaan Petra UMKM Expo yang digelar di Lapangan Basket Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Petra, Kota Bitung, Rabu (10/5/2023) dua pekan lalu.

Dalam Expo Petra UMKM, yang menampilkan berbagai produk dari UMKM, telah diterapkan penggunaan layanan Teknologi Keuangan (FinTech) dalam setiap transaksi di stan pameran. Walikota Bitung sendiri memberikan contoh dengan menggunakan sistem transaksi QRis saat berbelanja di stan-stan UMKM.

Saat itu, Walikota Maurits Mantiri berbagi pengalaman tentang manfaat transaksi tanpa uang tunai menggunakan teknologi FinTech. Ia mendorong Manajemen STIE Petra untuk memanfaatkan kemajuan teknologi keuangan ini dan memperluas literasi dan numerasi di tengah masyarakat. "Ini harus menjadi kebiasaan. Pembelian secara online harus diadopsi agar literasi dan numerasi dapat berkembang secara bersamaan," ungkap Maurits Mantiri.

Selain itu, Walikota juga menekankan pentingnya mahasiswa memiliki metode pembayaran non-tunai, seperti penggunaan layanan cashless. "Dari jualan mesin hingga pembelian minuman coca-cola, semuanya dapat dilakukan dengan cara pembayaran tanpa tunai," kata Maurits Mantiri.

Tidak hanya itu, Walikota Maurits juga mengajak seluruh Kepala SKPD di Kota Bitung untuk mengadopsi pembayaran digital. "QRis, Dana, atau PayPal, semuanya dapat digunakan sebagai sarana pembayaran," ucap Walikota.

Walikota Maurits juga melihat banyak peluang yang dapat diciptakan melalui pengembangan platform marketplace. Ia mengajak teman-teman, saudara, dan pelaku UMKM untuk membuka peluang ini.

Acara Expo Petra UMKM 2023 juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Ketua Yayasan KIE RAHA Bitung yang diwakili oleh Dra. Elsye Panelewen, Kepala LLDIKTI Wilayah 16 Munawir Sadzali Razak, S.IP, MA, Ketua STIE Petra Bitung Ratna Taliupan, SE, MM, Kepala Dinas Koperasi UMKM Drs. Efreinhard Lomboan, Ketua Jurusan Manajemen dan Akuntansi beserta staf STIE Petra Bitung, serta Asisten Manager BRI Cabang Bitung sebagai sponsor, Tirta Nugraha, CWMR.

Expo Petra UMKM menjadi bukti nyata implementasi layanan FinTech dalam pembayaran, yang dapat memberikan kemudahan dan kemajuan bagi para pelaku UMKM dan masyarakat umum. (Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close