Kapolda Sulut Launching Aplikasi E-SPN yang Pertama di Indonesia Kapolda Sulut Launching Aplikasi E-SPN yang Pertama di Indonesia - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kapolda Sulut Launching Aplikasi E-SPN yang Pertama di Indonesia

31 May 2023 | 20:18 WIB Last Updated 2023-05-31T12:18:47Z
SPN Polda Sulut hari ini melakukan launching aplikasi E-SPN. (Foto istimewa)
SPN Polda Sulut hari ini melakukan launching aplikasi E-SPN. (Foto istimewa)

MANADO, Indimanado.com – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto melaunching aplikasi E-SPN Polda Sulut, Rabu (31/5/2023) pagi.

E-SPN Polda Sulut ini adalah aplikasi pertama di jajaran Sekolah Polisi Negara (SPN) se-Indonesia.

“Ini sebagai hadiah untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023. SPN Polda Sulut hari ini melakukan launching aplikasi E-SPN Polda Sulut,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto, di Ruang Tribrata SPN Polda Sulut, Karombasan, Manado.

Menurutnya, aplikasi ini sebagai salah satu upaya untuk menjalin komunikasi antara orang tua/wali dengan pihak SPN Polda Sulut, juga dengan peserta didik atau siswa yang sedang menjalani pendidikan pembentukan bintara Polri.

“Terdapat beberapa fitur yang bermanfaat, yang bisa untuk mengetahui aktivitas, nilai, dan kegiatan para siswa. Sehingga orang tua bisa memahami dan mengetahui sudah sejauh mana hasil kegiatan pendidikan di SPN Polda Sulut,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dirinya berharap, dengan peluncuran aplikasi ini, manfaatnya bisa dirasakan oleh para siswa, orang tua, dan staf SPN Polda Sulut.

“Saya berharap mungkin nanti masih ada evaluasi, saran, dan masukan yang disampaikan oleh orang tua, sebagai perbaikan dan peningkatan. Sehingga manfaat aplikasi ini betul-betul berguna,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Selain itu, Irjen Pol Setyo Budiyanto pun berharap aplikasi E-SPN Polda Sulut ini bisa dijadikan sebagai contoh untuk SPN-SPN lainnya di Indonesia.

“Harapan saya setelah dilaunching bisa dilaporkan ke Lemdiklat Polri dan Mabes Polri. Dan mudah-mudahan ini bisa dijadikan sebagai contoh untuk SPN-SPN lainnya di Indonesia,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto. 

Sementara itu Kepala SPN Polda Sulut Kombes Pol Sucahyo Hadi menjelaskan, terdapat sejumlah fitur dalam aplikasi E-SPN Polda Sulut ini, di antaranya fitur konsultasi, nilai siswa, perpustakaan online, pengasuh, mata pelajaran, kesehatan, dan lainnya. 

“Yang paling penting adalah, melalui aplikasi ini para orang tua siswa dapat melihat langsung perkembangan putranya yang mengikuti pendidikan di SPN Polda Sulut.

Khususnya terkait dengan perkembangan nilai, sebagai pedoman akhir untuk dilantik layak sesuai standar penilaian atau tidak,” jelas Kombes Pol Sucahyo Hadi.

Peluncuran aplikasi E-SPN Polda Sulut ini, sambungnya, sebagai upaya untuk membuka komunikasi dengan para orang tua siswa.

“Karena selama ini komunikasi dengan orang tua ada keterbatasan. Melalui teknologi ini, kami mencoba untuk tidak ada batasan. Sehingga orang tua bisa melihat perkembangan putranya selama mengikuti pendidikan dan mampu memberikan support,” ucap Kombes Pol Sucahyo Hadi.  

Di samping itu, pembuatan dan peluncuran E-SPN Polda Sulut ini menurutnya juga sebagai wujud sumbangsih kepada organisasi Polri dan bentuk transparansi.

“Mengilhami apa yang menjadi motto Bapak Kapolda Sulut yaitu, semangat untuk melayani, bertindak untuk melindungi. Ini bentuk semangat kami untuk melayani kepada para orang tua siswa. Sebagai bentuk transparansi kita, proses pendidikan baik pemberian nilai maupun proses pengasuhan,” tandas Kombes Pol Sucahyo Hadi. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close