Pemkab Mitra Jalin Kerjasama Dengan Fisip Unsrat Pemkab Mitra Jalin Kerjasama Dengan Fisip Unsrat - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkab Mitra Jalin Kerjasama Dengan Fisip Unsrat

31 May 2023 | 21:39 WIB Last Updated 2023-05-31T13:39:01Z
Penandatanganan kerjasama Pemkab Mitra bersama Fisip Unsrat. (Foto istimewa)
Penandatanganan kerjasama Pemkab Mitra bersama Fisip Unsrat. (Foto istimewa)

MITRA, Indimanado.com - Bupati Kabupa ten Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, SH, MH, adakan penandatanganan kerjasama bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), bertempat di Kantor Bupati, Rabu (31/05/2023).

Pada kesempatan tersebut Bupati James Sumendap, SH, MH mengatakan, ini suatu kehormatan dari Perguruan tinggi.

Lebih khusus lagi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat.

"Pertama yaitu, pengakuan dari Fakultas. Dimana, kalau pihak Fakultas ataupun Universitas belum membuat perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi. Belum ada pengakuan," ujar Sumendap.

Dikatakan Bupati dua periode tersebut, ini merupakan beban bagi kami Pemerintah Kabupaten Mitra.

Karena, bentuk kerjasama ini bukan saja sekedar dalam tulisan. 

"Tentunya Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara akan berusaha untuk yang terbaik lewat kerjasama ini," pungkas Sumendap.

Dikarenakan itu Bupati menjelaskan, slogan saat ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara We Are Indeed Different atau kami memang beda dengan Kabupaten dan Kota lain.

"Berdasarkan database MCP di Kabupaten Minahasa Tenggara ternyata, tahun 2019 masalah pencegahan dan juga pengawasan korupsi KPK di Minahasa Tenggara terbaik. Termasuk lembaga KPK juga mengakui," ucap Sumendap.

Dikatakan lebih lanjut Bupati, kalau reaking Nasional Kabupaten Minahasa Tenggara pernah meraih reaking empat di tahun 2021.

"Jadi dari 532 Kabupaten dan Kota, serta 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Kabupaten Minahasa Tenggara ada diurutan ke empat berkaitan dengan pencegahan korupsi," tuturnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat Dr. Drs Novie R Pioh M.Si kepada sejumlah awak media mengatakan, sebagai pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat.

Kita harus memahami, bagaimana dalam mengembangkan institusi.

"Saya sebagai Dekan Fisip Unsrat, sudah melakukan pertimbangan yang matang di berbagai Daerah di Provinsi Sulawesi Utara. Termasuk didalamnya Kabupaten Minahasa Tenggara," ujar Pioh.

Lebih lanjut dikatakan Pioh, adapun yang hendak kami lakukan bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Diantarnya, melakukan kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Termasuk di dalamnya, pendidikan dan pelajaran, pengabdian masyarakat dan penelitian.

"Ketika kita melihat Kabupaten Minahasa Tenggara, ini sangat berpotensi dalam pengembangan di bidang Budaya, Sosial. Bahkan kita melihat dari perkembangan di bidang kemasyarakatan, hal ini berorentasi di bidang pemerintahan. Kepemimpinan dari bapak Bupati James Sumendap, SH, MH," ucap Pioh.

Dijelaskan lebih lanjut Pioh, dalam struktur Pemerintahan. Bahkan pun, para personil- personil yang ditempatkan itu mampu bekerjasama dengan baik.

"Sehingga menurut kami, di Kabupaten Minahasa Tenggara dengan kemajuan- kemajuan sangat pesat sekali. Itu menjadi penilaian kami," ucap Pioh.

Karena itu menurut Dekan Fisip Unsrat tersebut, tujuan kami untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Mengkaji bidang sosial, Ekonomi, Budaya bahkan Politik.

"Ini sangat berorentasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dikarenakan kenapa? Karena potensi-potensi yang ada di Fisip Unsrat. Ini tidak terorentasi secara tepat ketika tidak diaplikasikan di lapangan," tuturnya.

Dekan Fisip Unsrat juga memastikan, apa yang dikerjakan ini semua demi kepentingan seluruh warga masyarakat.

"Saya rasa, para dosen-dosen yang ada di Fisip Unsrat sangat memahami apa yang mereka akan kerjakan di Kabupaten Minahasa Tenggara," tutup Pioh. 

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Drs. Jejasa Jocke Legi, Sekertaris Daerah David H Lalandos, AP, MM, para Asisten, Kepala SKPD, serta para Pimpinan dan dosen-dosen Fisip Unsrat. (Billy)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close