Gubernur Olly Resmikan Pengisian Awal Air Bendungan Lolak: Tonggak Pembangunan yang Sinergis Gubernur Olly Resmikan Pengisian Awal Air Bendungan Lolak: Tonggak Pembangunan yang Sinergis - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gubernur Olly Resmikan Pengisian Awal Air Bendungan Lolak: Tonggak Pembangunan yang Sinergis

19 August 2023 | 04:10 WIB Last Updated 2023-08-18T20:10:15Z
Gubernur Olly Dondokambey SE saat menekan tombol sirene tanda dimulainya pengisian air di Bendungan Lolak. 

Sulawesi Utara, Indimanado.com – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, meresmikan proses Impounding atau pengisian awal air di Bendungan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pada Jumat, 18 Agustus 2023 kemarin. Langkah ini menandai awal operasional Bendungan Lolak yang terletak di Desa Pindol, Kecamatan Lolak.

Proses Impounding ini tidak hanya menjadi tonggak penting dalam pembangunan infrastruktur, tetapi juga merepresentasikan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah. Pembangunan yang pesat di Provinsi Sulawesi Utara menjadi bukti nyata dari kolaborasi yang berhasil dalam mencapai tujuan bersama.

Gubernur Olly Dondokambey mengekspresikan kebanggaannya atas prestasi ini, menyatakan bahwa masyarakat di Bumi Nyiur Melambai memiliki alasan untuk berbangga hati. Dukungan berkelanjutan dari Pemerintah Pusat, khususnya Presiden Jokowi, terhadap pembangunan proyek prioritas di Provinsi Sulut, telah menjadi kunci bagi kemajuan ini.

Terima kasih Pak Presiden Jokowi yang terus mensupport pembangunan proyek prioritas di Provinsi Sulut,” ungkap Gubernur Olly.

Bendungan Lolak memiliki manfaat yang signifikan nantinya, termasuk penyediaan air baku serta pengendalian banjir.

“Mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi masyarakat Bolaang Mongondow, karena bendungan ini dapat mengairi irigasi kurang lebih 2.214 hektare lahan sawah. Begitu juga penyediaan air baku 500 liter perdetik, dan paling penting pengendalian banjir di Desa Lolak yang setiap tahun terjadi saat musim hujan,” jelasnya.

Gubernur yang telah menjabat selama dua periode ini merasa bersyukur karena pengisian awal air di Bendungan Lolak dapat dilakukan saat musim panas. Hal ini membawa berkah tersendiri bagi masyarakat, terutama dalam penggunaan air yang lebih efisien.

Dalam mengakhiri pernyataannya, Gubernur Olly berharap agar komunikasi yang baik tetap terjaga dengan masyarakat yang mungkin memiliki kekhawatiran atau keinginan khusus terkait pengisian air bendungan.

"Pemerintah tidak akan mengecewakan masyarakat. Tapi apa yang mereka harapkan bisa terpenuhi. Pemerintah tidak ada yang membohongi masyarakat. Karena Pemerintahan Jokowi tidak ada ganti rugi. Yang ada ganti untung. Tapi harus benar-benar milik masyarakat,” tegasnya.

Pengisian awal air di Bendungan Lolak turut disaksikan oleh berbagai pihak penting, termasuk Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, I Komang Sudana, serta Kepala Sub Direktorat Wilayah III Kementerian PUPR. Hadir juga Forkopimda Sulut, Penjabat Bupati Bolmong, anggota DPR RI, dan anggota DPRD Kabupaten Bolmong, menunjukkan dukungan bersama terhadap kemajuan daerah dan pembangunan yang berkelanjutan. (*Alfa Jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close