Perayaan HUT ke-72 IBI Kota Bitung, Rayakan Peran Aktif Bidan dalam Pencegahan Stunting Perayaan HUT ke-72 IBI Kota Bitung, Rayakan Peran Aktif Bidan dalam Pencegahan Stunting - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Perayaan HUT ke-72 IBI Kota Bitung, Rayakan Peran Aktif Bidan dalam Pencegahan Stunting

11 August 2023 | 00:15 WIB Last Updated 2023-08-10T16:15:58Z
Perayaan HUT ke-72 IBI Kota Bitung. Foto Ridho L Tobing/indimanado.com

Bitung, Indimanado.com - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Bitung merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) IBI yang ke-72 dengan semangat tinggi di Kantor Walikota Bitung pada Kamis (10/8/2023). Perayaan ini ditandai dengan serangkaian acara, termasuk long march yang dilepas oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr. Pitter H Lumingkewas M Kes, dan puncak perayaan diadakan ibadah syukur di Ruang Sidang lantai IV Kantor Walikota Bitung.

Dengan tema "Satukan Langkah dalam Transformasi Kesehatan untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti," perayaan HUT IBI ke-72 kali ini memberikan perhatian khusus kepada peran para Bidan dalam mencegah stunting di wilayahnya.

Kadis Kesehatan Kota Bitung, dr. Pitter Lumingkewas M Kes.
Foto Ridho L Tobing/indimanado.com

Stunting, sebuah gangguan pertumbuhan akibat infeksi berulang dan kekurangan gizi kronis, menjadi fokus utama para Bidan Kota Bitung.

Dalam acara tersebut, Kadis Kesehatan Kota Bitung, dr. Pitter Lumingkewas M Kes, mengakui peran penting para Bidan dalam mencegah stunting. Dengan jumlah Bidan terdaftar sebanyak 197 di Kota Bitung, mereka menjadi tenaga kesehatan yang banyak hadir di kelurahan-kelurahan dan puskesmas.
Para Bidan juga memberikan kontribusi nyata melalui inovasi dan pencegahan di masing-masing puskesmas.

"Bidan di Kota Bitung itu, salah satu tenaga kesehatan yang paling banyak. Dan peran mereka itu sangat luar biasa karena mereka itu yang ada di Kelurahan - kelurahan. Apalagi bukan hanya Kota Bitung, konsentrasi seluruh Indonesia, Pak Presiden sudah sampaikan "cegah stunting!" ungkap Kadis yang baru saja meraih gelar Magister Kesehatan itu.

Lumingkewas menyoroti bahwa para Bidan bukan hanya bekerja sebagai tenaga kesehatan, tetapi juga sebagai mentor bagi masyarakat. Mereka membantu lebih dari 521 kader kesehatan dalam mengatasi masalah bayi dan ibu hamil di Posyandu.

Ketua IBI Kota Bitung, Bidan Clara Moningka M Kes.
Foto Ridho L Tobing/indimanado.com

"Profesi mereka sebagai Bidan, menurut saya profesi yang sangat mulia dan tentu saja terus bekerja keras, karena kita memiliki tantangan, Indonesia kan sudah masuk G20, negara Maju. Negara maju kalau stunting? Maka Pak Presiden, bagaimana kita negara maju, (tapi) kita bermasalah stunting? Dan Bidan - Bidan punya peran sangat besar, sehingga profesi mereka adalah profesi terhormat, jadi bekerjalah secara terhormat supaya semuanya itu untuk Negara kita yang lebih baik terutama kota Bitung yang lebih baik," katanya.

"Untuk meraka (para Bidan) banyak Selamat!," tutup Kadis Lumingkewas mewakili Pemerintah Kota Bitung.

Pada kesempatan tersebut, Ketua IBI Kota Bitung, Bidan Clara Moningka M Kes, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mencegah stunting. Dia juga mengimbau para Bidan untuk tetap bekerja sesuai tugas dan kompetensi masing-masing.


"Kami mengharapkan kepada seluruh Bidan - Bidan , mari kita bekerja sesuai dengan tugas dan kompetensi kita masing - masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tandas Clara Moningka.

Perayaan HUT IBI ke-72 ini dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk Ketua IBI Provinsi Sulawesi Utara, Bidan Maria Dondokambey, Kepala Puskesmas se Kota Bitung, dan Dinas DPPKB Kota Bitung. Dalam suasana yang penuh semangat, perayaan ini menegaskan komitmen para Bidan dalam memberikan kontribusi nyata untuk kesehatan masyarakat, khususnya dalam upaya mencegah stunting. (Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close