Seminar Kebangsaan "Kedaulatan Pendidikan Nasional", Olly Dondokambey: Peran Generasi Muda Dalam Kemerdekaan Indonesia Seminar Kebangsaan "Kedaulatan Pendidikan Nasional", Olly Dondokambey: Peran Generasi Muda Dalam Kemerdekaan Indonesia - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Seminar Kebangsaan "Kedaulatan Pendidikan Nasional", Olly Dondokambey: Peran Generasi Muda Dalam Kemerdekaan Indonesia

20 August 2023 | 21:11 WIB Last Updated 2023-08-21T05:48:02Z
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE foto bersama dalam kegiatan Seminar Kebangsaan Kedualatan Pendidikan Nasional FGPB Sulut. Istimewa

Manado, Indimanado.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy, hadir dalam kegiatan Seminar Kebangsaan Kedaulatan Pendidikan Nasional Forum Gerakan Peduli Bangsa (FGPB) Sulut di Novotel Hotel Manado, Sabtu (19/8/2023).

Gubernur Olly sangat mendukung digelarnya seminar tersebut. Menurut dia, kegiatan ini untuk mengingatkan kembali bagaimana peran generasi muda ‘menghasilkan’ Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita tahu persis bahwa pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun pondasi bagi generasi muda kita ke depan. Dan kita tahu persis bahwa kemerdekaan RI bukan diberikan, tapi direbut oleh para generasi muda kita, yang kita tahu saat itu bung Karno dan bung Hatta ada kompromi sementara melakukan lobi-lobi dengan Jepang,” ungkapnya.

Andil generasi muda saat itu, lanjut Olly, adalah dengan menculik bung Karno dan bung Hatta. Itu dilakukan untuk memaksakan Kemerdekaan Indonesia. Keduanya diculik oleh para pemuda ke Rengas Dengklok, dan itu terbukti tanggal 16 Agustus 1945 para pemuda ini meminta bung Karno mendeklarasikan kemerdekaan.

“Dan 17 Agustus, Soekarno mendeklarasikan kemerdekaan kembali biar diketahui dan didengar banyak orang, itulah peran generasi muda membangun bangsa kita, ini sangat penting, karena jejak-jejak kemerdekaan kita ini sangat penting kita lakukan,” imbuhnya.

Untuk itu, Olly meminta para generasi muda saaf ini tetap menjaga dan mempertahankan kemerdekaan.

Lebih jauh, orang nomor satu di Bumi Nyiur Melambai ini menambahkan betapa penting generasi muda saat ini terus mengingat sejarah Indonesia. Misalnya, dalam perumusan Pancasila, ada keterlibatan orang Manado, yakni AA Maramis.

“Ini saya kira bisa menjadi catatan sejarah bagi kita, catatan sejarah banyak, apalagi di Sulut, karena ada orang Manado yang terlibat dalam perumusan Pancasila, itulah Mr Maramis,” urainya.

Karena ada tokoh Maramis yang terlibat langsung pembentukan Pancasila, Olly pun meminta orang Manado jangan menganggap di sebelah kiri atau kanan, tapi harus ada di tengah-tengah.

“Ini penting, dan ada sejarahnya yang kita orang Manado harus hafal yaitu 14 Februari 1949 pemberontakan perebutan tangsi KNIL di Teling,” bebernya lagi. (*Alfa Jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close