Olly Dondokambey Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Unsrat Olly Dondokambey Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Unsrat - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Olly Dondokambey Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Unsrat

21 September 2023 | 23:32 WIB Last Updated 2023-10-20T06:14:39Z

Manado, Indimanado.com - Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE, mendapatkan penghargaan luar biasa dengan menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) dalam bidang Ilmu Manajemen dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Dengan penambahan gelar ini, namanya menjadi Prof (Hc). Dr (Hc) Olly Dondokambey, SE.


Penganugerahan gelar ini diadakan melalui sidang senat terbuka pada Kamis (21/9/2023) di Unsrat dan dipimpin oleh Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng, IPU, ASEAN.ENG.

Rektor Prof. Dr.Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng.IPU,Asean Eng, dihadapan Pimpinan dan anggota Senat Akademik serta seluruh undangan mengatakan bahwa penganugerahan Doktor Kehormatan kepada Bapak Olly Dondokambey, selaku Gubernur Sulut dan juga sebagai Dewan Penyantun Unsrat, merupakan pemberian gelar doktor kehormatan pertama setelah Unsrat berusia 62 tahun.


Pemberian gelar doktor kehormatan ini berdasarkan hasil kajian Tim yang dibentuk Rektor dan Pertimbangan diberikan oleh Senat Akademik Unsrat, dimana Pak Olly Dondokambey, memiliki kinerja luar biasa dalam berbagai karya dibidang manajemen pemerintahan dan kemasyarakatan yang berdampak positif pada kemajuan pembangunan dalam berbagai aspek di Sulut.


Sementara itu Gubernur Sulut, Olly Dondokamey selaku Promovendus dalam orasi ilmiahnya antara lain mengemukan bahwa karya manajemen pemerintahan dan kemasyarakatan yang ia lakukan terinspirasi dari ide Sam Ratulangi, Tokoh Nasional asal daerah ini, yang telah menulis buku Posisi Strategis Indonesia di Pasifik tahun 1937.


"Mimpi saya untuk mewujudkan ide Sam Ratulangi menjadi kenyataan, memicu saya bekerja keras untuk mencapainya," kata Olly. Ia juga menyampaikan capaian ini bisa terlaksana karena juga didukung oleh Pemerintah Pusat dan seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Utara.


Gubernur Olly Dondokambey telah menjadi tokoh yang layak mendapatkan penghargaan ini berkat prestasinya dalam memajukan Sulut. Salah satu pencapaian besar adalah membuka konektivitas Sulut ke berbagai negara, seperti Tiongkok, Jepang, Filipina, dan Korea Selatan, yang telah menggenjot pariwisata di Sulut.


Dalam situasi sulit akibat pandemi Covid-19, ekonomi Sulut berhasil bangkit dengan pertumbuhan ekonomi daerah yang jauh melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

Gubernur Olly juga menginisiasi pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulut, yaitu KEK Pariwisata Likupang, sebagai proyek pengembangan strategis nasional.


Penghargaan ini juga mengakui berbagai terobosan dan inisiatif Gubernur Olly dalam pembangunan Sulut, yang telah memberikan dampak positif pada indikator sosial ekonomi makro, seperti pertumbuhan ekonomi, kestabilan harga, tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, distribusi pendapatan, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).


Gubernur Olly Dondokambey mengungkapkan rasa harunya atas penghargaan ini, terutama karena berdekatan dengan peringatan HUT ke-59 Provinsi Sulut. Ia melihatnya sebagai pengakuan dari Unsrat atas kontribusinya sebagai Gubernur Sulut.


Walau merasa bangga, Gubernur Olly menegaskan bahwa penghargaan ini juga menjadi tantangan untuk terus memajukan Sulut. Ia berjanji untuk terus bekerja lebih keras demi kemajuan daerah ini.

Sebelumnya, Gubernur Olly Dondokambey telah dianugerahi gelar profesor oleh Wuhu Institute of Technology (WIT), salah satu perguruan tinggi di wilayah China timur. Penganugerahan gelar profesor ini dilakukan di Kota Wuhu, Provinsi Anhui, pada Rabu (10/5/23).


Sebagai Gubernur, Olly Dondokambey telah aktif dalam memajukan pendidikan di Sulut. Ia mengirimkan banyak mahasiswa Sulut ke China dan memberikan beasiswa kepada mereka. Tahun ini saja, ada 26 mahasiswa baru dari Sulut yang melanjutkan pendidikan di WIT. Hubungan yang erat antara Sulut dan WIT telah terjalin dengan baik.


Selain urusan pendidikan, hubungan antara Sulut dan China juga mencakup bidang investasi. Kota Wuhu, misalnya, merupakan kantor pusat Anhui Conch Cement Co Ltd, yang membangun pabrik semen di Sulut dengan kapasitas produksi mencapai 5.000 ton per hari. Anhui Conch juga merupakan salah satu investor China terbesar di Sulut, yang membangun properti untuk mendukung sektor pariwisata setempat.


Selama masa jabatannya, Gubernur Olly juga aktif dalam menjalin hubungan dengan pengusaha dan investor China di Beijing, yang difasilitasi oleh Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun.

Penghargaan Doktor Honoris Causa dari Unsrat merupakan pengakuan atas kontribusi luar biasa Gubernur Olly Dondokambey dalam memajukan Sulut dan menjaga stabilitas ekonomi serta pertumbuhan di wilayah tersebut. Semangatnya dalam meningkatkan pendidikan dan membangun kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk China, telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi Provinsi Sulawesi Utara. Dengan penuh semangat, Gubernur Olly siap terus memajukan Sulut untuk masa depan yang lebih baik.


Penghargaan ini menjadi bukti pengakuan atas prestasi Gubernur Olly Dondokambey dan kontribusinya yang besar dalam memajukan Sulut, serta menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi di wilayah ini. (Advetorial Diskominfo Sulut)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close