Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Buka dan Tinjau Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMP Kota Bitung Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Buka dan Tinjau Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMP Kota Bitung - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Buka dan Tinjau Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMP Kota Bitung

19 September 2023 | 00:00 WIB Last Updated 2023-09-18T16:51:23Z

 


Bitung, Indimanado.com - Walikota Bitung, Ir.Maurits Mantiri MM di dampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bitung, Forsman Dandel S Sos dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Fonny Tumundo SPd MPd, meninjau kegiatan pelaksanaan Asesmen Nasional SMP tahun 2023 di SMP Negeri 6 Bitung, Senin (18/9/2023).

Asesmen Nasional atau ANBK
(Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud sebagai pengganti dari Ujian Nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu pada input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Sebelumnya, pelaksanaan Asesmen Nasional di Kota Bitung ini secara resmi telah dibuka oleh Wakil Walikota Bitung, Hengky Honandar SE 
di SMP Katolik DON BOSCO Bitung, yang ditandai dengan menekan tombol token, yang turut disaksikan oleh Kepala Sekolah Ibu Cony Mario, SPd MPd dan jajaran Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Bitung serta Koordinator YPKKM Perwakilan Kevikepan Tonsea.

ANBK yang akan berlangsung selama 4 hari (18-21/9/2023) ini akan dilaksanakan dengan 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Perhatian yang dicurahkan Pemkot Bitung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung dalam kesuksesan pelaksana Asesmen Nasional ini adalah bentuk dukungan pemerintah daerah sebagai pemegang kepentingan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close