Bawaslu Manado Siap Awasi Pendistribusian Logistik Perlengkapan Pemungutan Suara Bawaslu Manado Siap Awasi Pendistribusian Logistik Perlengkapan Pemungutan Suara - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bawaslu Manado Siap Awasi Pendistribusian Logistik Perlengkapan Pemungutan Suara

9 February 2024 | 18:59 WIB Last Updated 2024-02-09T10:59:56Z

Manado, Indimanado.com - Bawaslu Manado memastikan akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap pendistribusian perlengkapan pemungutan suara dan perlengkapan Logistik pemilu 2024 menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Manado.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Manado Brilliant Maengko saat membuka Rapat kerja teknis, pengawasan logistik serta publikasi dan dokumentasi pengawasan logistik di Sintesa Peninsula Hotel, Jumat (9/2/2024).

Brillian Maengko menyampaikan, pengawasan distribusi ini harus berkoordinasi dengan pihak keamanan. "Pengawasan keamanan perlengkapan pemungutan suara saat distribusi, harus koordinasi dengan petugas keamanan setempat kan ada Polsek," sebut Maengko.

Sementara itu, bagi satuan pengawas pemilu sendiri, Maengko memastikan harus melakukan perekaman. "Dalam pengawasan harus memastikan pihak keamanan menjaga itu, dan rekaman itu wajib saat menjaga distribusi logistik," lanjutnya.

"Jadi dalam pendistribusian nanti, Bapak Ibu harus memastikan harus dikawal oleh pihak keamanan, jangan sampai terjadi sesuatu di jalan orang nggak tahu," kata Maengko.

Karena itu, Maengko juga menekan pentingnya kesesuaian jadwal pendistribusian, "Harus memastikan kesesuaian jadwal yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan  jangka waktu pendistribusian perlengkapan terkait dengan geografis, makanya penting teman-teman itu koordinasi dengan PPK memastikan setiap hal itu bisa berjalan dengan baik. Itu berarti kalau tidak sesuai jadwal, bisa terhambat dan terlambat."

Maengko juga mengingatkan kewajiban untuk mengawasi kotak suara, "Terkait distribusi ini apa yang harus dilakukan, bagaimana kalau di distribusikan kecamatan dan kelurahan, proses seperti itu nanti ada Berita Acara Serah Terima,  berapa jumlah kotak suara di situ harus sesuai jumlah jumlah Kelurahan, jumlah TPS yang ada harus sesuai," tandasnya.

Pada bagian akhir dari sambutannya, Brilliant Maengko menyampaikan kesimpulannya, "Penting untuk mengetahui semua jumlah yang ada. Harus tepat jumlah, tepat tepat waktu, dan tepat jenis ya, itu harus! Jangan sampai salah. Jangan sampai baku tukar. Tuh kan kejadian 2019 Ada toh!" Rangkumnya.

Pada bagian penutup, Maengko mengingatkan kepada semua para pengawas pemilu mulai dari tingkat Kota Manado, Panwas Kecamatan, Kelurahan dan Pengawas TPS untuk bisa menjaga  vitalitas, "Bapak Ibu sekalian, perlu Torang ketahui ini kan Pemilu tinggal 5 hari, jaga kesehatan Bapak Ibu sekalian dan konsentrasi, pintar-pintar bagi waktu biar bisa mengikuti semua kegiatan ini dengan baik," pintanya.

Mengingat waktu yang semakin sempit ini, Brilliant Maengko kembali menegaskan kepada para pengawas ini terkait integritas, "Torang mendapat pemahaman yang sama, satu persepsi torang dalam kerja-kerja pengawasan, dan di akhir kata kiranya torang semua bisa berada dalam jalan yang lurus, berdoa biar Tuhan itu selalu membimbing pada jalan yang lurus, berharap kita semua benar-benar berada dalam Rel yang benar dalam jalan yang lurus tegak lurus, satu komando dari Bawaslu Kota Manado kemudian Kecamatan kemudian Kelurahan sampai dengan PTPS. Jangan sampai ada yang mengambil keputusan sendiri yang mengakibatkan kerugian dari Bapak Ibu sekalian," pungkasnya.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close