Waspada!!! Kasus DBD Di Mitra Meninkat, 1 Orang Di Ratatotok Meninggal Waspada!!! Kasus DBD Di Mitra Meninkat, 1 Orang Di Ratatotok Meninggal - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Waspada!!! Kasus DBD Di Mitra Meninkat, 1 Orang Di Ratatotok Meninggal

20 March 2024 | 19:01 WIB Last Updated 2024-03-20T11:01:32Z
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra. (Foto istimewa)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra. (Foto istimewa)

MITRA, Indimanado.com - Waspada!!!Sampai tanggal 17 Maret 2024 kasus Demam Berdarah Dengue Di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) meningkat.

Diantaranya Demam Dengue terdapat 67 Kasus, sementara untuk Demam Berdarah Dengue (DBD) mencapai 30 kasus, dan 1 orang di Kecamatan Ratatotok meninggal dunia. 

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra dr. Tommy  Soleman saat ditemui wartawan belum lama ini.

Ia menjelaskan, peningkatan kasus DBD Di Kabupaten Mitra disebabkan faktor cuaca. 

"Perubahan cuaca menjadi faktor utama banyaknya nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan DBD.  Kalau tidak ada nyamuk itu, tidak akan menular. Perkembangbiakan nyamuk juga didukung karena faktor lingkungan yang kurang baik," ujar Soleman.

Oleh karena itu, menurut Kadis, jalan utama yang harus dilakukan untuk pencegahan adalah dengan membuat lingkungan lebih bersih dan rapi, selain penanganan yang lainnya. 

"Tentu pencegahan dengan menabur serbuk abate, pengasapan, itu juga baik, tetapi yang utama adalah dengan 3M Plus. Masyarakat harus terus diedukasi untuk itu," tegasnya.

3M Plus itu menurut Soleman, adalah langkah efektif untuk mengurangi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti. (Billy)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close