Senat Terbuka: Unsrat Wisuda 688 Mahasiswa Menandai Prestasi Akademik Senat Terbuka: Unsrat Wisuda 688 Mahasiswa Menandai Prestasi Akademik - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Senat Terbuka: Unsrat Wisuda 688 Mahasiswa Menandai Prestasi Akademik

4 April 2024 | 22:51 WIB Last Updated 2024-04-04T14:51:27Z
Foto Silvister Saroinsong/indimanado.com

Manado, Indimanado.com - Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menyelenggarakan prosesi wisuda bagi lulusan program tingkat  Pascasarjana, PPDS-1, Profesi dan Sarjana, pada periode V tahun akademik 2023/2024 di Auditorium Unsrat, Kamis (4/4/2024).

Acara kegiatan wisuda ini diikuti 688 orang dan dibuka Ketua Senat Universitas Sam Ratulangi , Prof Dr dr Barnabas Harold Ralph Kairupan SpKJ-K KARKAP.

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU dalam bagian dari sambutannya menyampaikan bahwa hari ini adalah momen yang penting, bukti dalam menandai suatu perjalanan dan awal dari perjalanan baru.


"Wisuda adalah pengakuan akademik atas keberhasilan siswa menyelesaikan semua kewajiban kurikulum, yang kemudian berhak untuk  mendapatakan ijazah sesuai dengan disiplin ilmu masing masing," ucap Sompie.

"Sebagai Rektor saya bangga dengan keberhasilan saudara-saudara dalam menyelesaikan studi karena dengan keberhasilan saudara-saudara membuktikan bahwa saudara-saudara mampu menyerap ilmu pengetahuan dari dosen-dosen di Universitas Sam Ratulangi," aku Sompie.

"Dan teruslah memberi kami data-data alumni melalui program penelusuran data Universitas Sam Ratulangi," pinta Sompie.


Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga para wisudawan, karena telah mempercayakan para wisudawan untuk belajar di Universitas Sam Ratulangi dalam berbagai jenjang Sarjana Magister maupun Profesi.

"Teruslah belajar untuk masa depan, dan kiranya keberhasilan studi para wisudawan akan menambah Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang siap membangun Negara Republik  Indonesia yang sama sama kita cintai," ujar Rektor Sompie.

Dalam bagian dari penutup sambutannya, Rektor juga berkesempatan mengucapkan Selamat Paskah bagi umat Kristen dan selamat menjalankan ibadah Puasa bagi Umat Muslim.


Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Prof Dr (HC) Olly Dondokambey SE dalam sambutannya melalui Kadis Pangan Sulut, dr Jemmy JR Lampus M.Kes menyampaikan, "Prestasi dan capaian ini merupakan buah baik sekaligus hasil dari kerja keras ketekunan dan komitmen yang tidak pernah lelah selama melaksanakan perkuliahan dan sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan atas dedikasi selama ini".

Gubernur juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada segenap civitas akademik Universitas Sam Ratulangi yang telah berperan dan terus mendukung kesuksesan para wisudawan hari ini. Dedikasi dalam menjalankan Tre Darma Perguruan Tinggi secara baik dan optimal oleh Unversitas Sam Ratulangi.

Namun dalam bagi dari sambutannya tersebut, Gubernur juga mengingatkan bahwa, "Perjalanan para wisudawan di tempat ini belumlah berakhir, ini hanyalah awal dari babak baru dalam perjalanan kehidupan saudara dalam menghadapi tantangan di luar sana, terlebih di dunia kerja yang penuh dengan tantangan peluang dan potensi yang telah menunggu," petik Lampus.


"Namun Saya yakin dan percaya dengan ilmu pengetahuan keterampilan dan nilai-nilai yang telah saudara peroleh selama ini, pasti saudara-saudara dapat mampu menghadapinya dengan keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi," tandasnya.

"Sebagai lulusan Universitas Sam Ratulangi, sebagai Almamater, untuk tidak pernah lupa atas tanggung jawab kepada masyarakat Sulawesi Utara dan bangsa ini," lanjut Lampus.

"Marilah kita sambut masa depan penuh semangat dan optimisme. Jadilah agen perubahan yang menginspirasi dan memberikan dampak positif dalam kehidupan sekitar saudara, karena saya yakin bahwa setiap pribadi di hadapan saya ini mempunyai potensi yang tidak terbatas untuk mencapai hal besar," ucap Lampus mantap.

Pada bagian akhir sambutannya, tak lupa Gubernur memberikan wejangan motivasi yaitu, "Berdirilah di kaki sendiri supaya kita senantiasa paham betapa berharganya setiap titik keringat untuk mendapatkan sesuatu yang kita harapkan bahkan dihargai dan diakui orang lain, maksudnya, mari kita percaya pada diri sendiri, kita gagal coba lagi, gagal coba lagi, dan tidak ada kata menyerah sampai kita tahu bahwa setiap usaha pasti akan menemukan hasil baiknya".

"Intinya jangan berharap pada siapapun kecuali pada dirimu sendiri dan hanya kepada Tuhan sang pencipta. Tetaplah bersemangat jadilah pribadi yang positive dan membanggakan dimana pun berada," tutup Lampus mengakhiri.

Acara Wisuda tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPR RI Matindas J Rumambi, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dr.bFransiscus A.Silangen,Sp.B,KBD, Plt Bupati Sangihe dr. Rita Tamuntuan bersama seluruh keluarga Wisudawan dan wisudawati. (Vister/RLT)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close