Seleksi CAT Calon PPK untuk Pilkada Kota Manado Resmi Bergulir Seleksi CAT Calon PPK untuk Pilkada Kota Manado Resmi Bergulir - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Seleksi CAT Calon PPK untuk Pilkada Kota Manado Resmi Bergulir

7 May 2024 | 15:34 WIB Last Updated 2024-05-07T07:34:29Z

Manado, Indimanado.com - Seleksi Computer Assisted Test (CAT) bagi 176 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang lulus pemberkasan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, digelar KPU Kota Manado di SMK Negeri 1 Kota Manado, Selasa (7/5/2024). 

Kegiatan seleksi tertulis ini dibuka oleh Ketua KPU Kota Manado, Ferley B Kaparang didampingi dengan Anggota KPU Ismail Harun dan Ramly Pateda beserta Sekretaris KPU Kota Manado Nolvi Lendway Laboratorium Seni Budaya dan film SMKN 1 Manado. 

Dalam sambutannya, Ketua KPU menyampaikan," Soal dikirim 2 jam menjelang pelaksanaan seleksi, 

proses pengisian tidak perlu sibuk untuk bertanya kiri-kanan, muka-belakang, karena apa yang diinput di setiap soal itu berbeda, tidak ada kesamaan soal antara tetangga, sesama yang ada di ruangan masing-masing," tandas Kaparang. 

"Yang kedua tentunya lewat pengisian ataupun hasil dari CAT ini, menentukan juga hasil yang hasil dari bapak ibu sejauh mana tingkat pengetahuan, sejauh mana tingkat kepemiluan ataupun hal-hal yang berkaitan dengan kepemiluan itu, bisa dikuasai oleh masing-masing peserta. karena PPK ini bagian yang menentukan nantinya secara tingkatan yang dibawah maupun KPPS, hingga tingkat keberhasilan partisipasi masyarakat dalam pilkada," ucap Kaparang. 

"Kami berharap Bapak-Ibu sudah memahami betul, sudah belajar, yang tentunya belajar dalam kaitannya dengan pengalaman, belajar dalam kaitannya juga dengan tingkatan-tingkatan yang sudah Bapak-Ibu lalui, agar supaya dalam proses pengisian atau proses seleksi tes sebentar bisa cepat, itu bisa berjalan dengan baik tertib lancar dan terkendali," harap Kaparang. 

Berdasarkan jadwal tahapan, Seleksi tertulis ini digelar sejak tanggal 6-8 Mei 2024 dengan menggunakan instrumen Computer Assisted Test (CAT), yang dibagi dalam 2 tahap dengan menggunakan 3 ruangan Laboratorium Komputer di SMKN 1 Manado. 

Sebagaimana yang disampaikan Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM juga Humas KPU Kota Manado Ramly Pateda, "Sesuai dengan tahapan itu kan mulai tanggal 6 sampai tanggal 8, kita mengambil waktu di tanggal 7, karena kemarin itu  (6/5) persiapan server, ketika ada permasalahan, otomatis mempengaruhi proses," jelas Pateda usai pembukaan seleksi CAT. 

"Jatuh pada hari ini, kita bagi dalam dua sesi. sejumlah peserta yang lulus berkas itu kan ada 176 pelamar yang kita bagi dalam dua sesi. Pertama itu ada 5 Kecamatan di 87 orang, itu dibagi dalam tiga ruangan. Karena kapasitas ini, 5 ruangan yang digunakan untuk proses CAT, tapi yang kita gunakan adalah 3, 2 ruangan itu sebagai cadangan, ketika nanti servernya error. Masing-masing ruangan itu tersedia 30 unit perangkat," terang Pateda. 

Selanjutnya untuk sesi ke 2, Pateda menyampaikan, "Nanti jam 1 itu, masuk pada sesi 2 itu ada 6 kecamatan dengan jumlah calon itu ada 89," ujarnya. 

Sehubungan dengan passing grade dari para peserta, Ramly Pateda menyampaikan, "Passing grade-nya, ya kalau mengacu ke pengalaman kemarin kan, kita standar yang patokan dengan urutan tertinggi. yang jelas kalau dari 100% itu kan secara urutan itukan ke bawah, itu patokannya. Tapi nantikan di saat selesai CAT, ketika ada juknis, itu akan kita gunakan," kata Pateda. 

Hasil dari seleksi tertulis ini nantinya akan diumumkan pada tanggal 9-10 Mei 2023 dan selanjutnya seleksi PPK ini akan memasuki tahap seleksi wawancara pada tanggal 11-13 Mei 2024.

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close