PT Pos Indonesia KCU Manado dan PT Asabri Bekerja sama menyediakan Layanan Antar Uang Pensiun ke Rumah PT Pos Indonesia KCU Manado dan PT Asabri Bekerja sama menyediakan Layanan Antar Uang Pensiun ke Rumah - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PT Pos Indonesia KCU Manado dan PT Asabri Bekerja sama menyediakan Layanan Antar Uang Pensiun ke Rumah

10 June 2024 | 17:02 WIB Last Updated 2024-06-10T09:02:17Z

Manado, Indimanado.com – PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama (KCU) Manado bekerja sama dengan PT Asabri untuk menyediakan layanan pengantaran uang pensiun langsung ke rumah-rumah para pensiunan. Layanan ini khususnya ditujukan bagi pensiunan yang kondisinya sedang sakit atau sudah uzur.

"Pengantaran uang pensiun ke rumah-rumah lebih banyak untuk pensiunan yang kondisinya sedang sakit atau sudah uzur," ujar Zulfahri Pane, Manager Operasi Pelayanan Kantor Pos KCU Manado, pada Senin (10/6/2024).

Zulfahri menjelaskan bahwa Kantor Pos Manado telah rutin mengantarkan uang pensiun langsung ke rumah sekitar 50 pensiunan setiap bulannya. Mengenai tata cara layanan ini, keluarga pensiunan perlu melapor ke Kantor Pos, baik secara langsung atau melalui telepon, untuk menjadwalkan pengantaran.

"Jadi keluarga yang pensiun datang melapor ke Kantor Pos atau melalui telepon ke nomor kontak petugas juru bayar kami. Dari hasil telepon tersebut, kita jadwalkan untuk pengantaran," jelas Zulfahri.

Pengantaran dana pensiun dijadwalkan dari tanggal 4 hingga 10 setiap bulannya. "Pengantarannya biasanya ditanggal 4 sampai tanggal 10 bulan berjalan. Karena tanggal 1-4 kita prioritaskan yang datang langsung ke loket-loket, baru setelah itu kita jadwalkan untuk pengantaran ke rumah-rumah," ungkap Zulfahri.

Zulfahri juga menegaskan bahwa dana pensiun dipastikan diterima langsung oleh pensiunan yang bersangkutan. "Bukti penerimaan ada bukti penyerahannya, seperti resi. Jika tidak bisa tanda tangan, bisa cap jempol. Kita juga melengkapi dengan foto kamera GPS saat penyerahan sebagai bukti," tandas Zulfahri.

Semua data penerima yang dilayani di rumah diinput dalam formulir Layanan Kunjungan Nasabah (LKN), yang mencakup kondisi pensiunan dan foto penyerahan uang tunai.

Dengan jumlah personel pengantar saat ini berjumlah tiga orang, Zulfahri mengatakan pihaknya telah melakukan penjadwalan kunjungan setiap pensiunan. "Biasanya janjian dengan pihak keluarga, atau keluarga sudah tahu jadwal pengantaran dari kantor pos," terang Zulfahri.

Namun, bila permintaan bertambah, PT Pos Indonesia KCU Manado siap menambah personel ke lapangan. "Saat ini ada tiga orang yang berkeliling, dan jika permintaan bertambah, kita siap menambah personel," ujarnya.

Zulfahri mengundang para pensiunan yang memerlukan layanan ini untuk menginformasikan kondisi mereka ke Kantor Pos Manado. "Silahkan datang ke Kantor Pos Manado, ada PIC khusus di loket Pensiunan, namanya Pak Noldy. Loket pensiunan ada di bagian belakang kantor pos. Kita akan rekap data kondisi pensiunan untuk penjadwalan pengantaran," kata Zulfahri.

"Selama memenuhi syarat, kita bisa lakukan pengantaran. Namun, kita memastikan layanan ini tidak disalahgunakan oleh pihak keluarga, sehingga uang pensiun diberikan langsung kepada yang bersangkutan," pungkas Zulfahri. (Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close