Steven Kandouw Ingatkan Substansi Penyelenggaraan Pemerintahan Steven Kandouw Ingatkan Substansi Penyelenggaraan Pemerintahan - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Steven Kandouw Ingatkan Substansi Penyelenggaraan Pemerintahan

21 August 2018 | 23:45 WIB Last Updated 2020-01-27T16:05:12Z
Steven Kandouw saat memberikan arahan pada Rakor dan Evaluasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah

INDIMANADO.COM, SULUT
- Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven OE Kandouw ingatkan substansi penyelenggaraan pemerintahan saat membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut di Hotel Aryaduta, Manado, Selasa (21/8/2018).

Menurutnya, substansi penyelenggaraan pemerintahan untuk mengatasi kemiskinan. Karena itu pemerintah pusat berpenetrasi pada penanggulangan kemiskinan lewat DAK (Dana Alokasi Khusus).

Bukti kinerja pemerintah dalam mengatasi kemiskinan tersebut, angka kemiskinan Sulut sekarang 7,8 dari angka 8,2.

Menurunnya angka kemiskinan ini menurutnya hasil kerja semua pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten/Kota.

"Tahun lalu kemiskinan kita di angka 7,8 dua tahun lalu 7,8, tiga tahun lalu 8,2. Kita boleh berbangga diseluruh Sulawesi Utara, hasil dari 8,2 menjadi 7,2. Ini hasil dari kerja bersama," katanya.

Dijelaskan Wagub, penanggulangan kemiskinan dapat dilakukan lewat tiga cara yakni sistemik, jangan parsial/holistik dan harus terpadu.

"Dengan tiga cara ini, daerah bapak-bapak akan keluar (dari kemiskinan). Ingat baik-baik sederhana saya sampaikan sistemik, holistik, terpadu," terang Steven Kandouw.

Pendidikan dan kesehatan merupakan faktor penting dalam pencegahan kemiskinan. Disamping itu, Wagub mengingatkan bahwa meningkatnya pertumbuhan ekonomi walaupun komoditas turun di Sulut tak terpelas dari sektor pariwisata.

"Tahun lalu dan tahun ini torang naik satu juta orang yang datang ke Sulut," tandasnya.

Diketahui, maksud diadakan kegiatan penanggulangan kemiskinan yakni untuk meningkatkan kinerja penanggulangan kemiskinan di provinsi Sulut, meningkatkan peran kelembagaan dan keberpihakan anggaran program penanggulangan kemiskinan, serta meningkatkan kinerja pemanfaatan basis data terpadu.

Nampak hadir pada kegiatan tersebut Kaban Kesbangpol Mecky Onibala, Kepala BAPPEDA Ricky Toemandoek, Bupati dan Wakil Bupati serta walikota dan wakil walikota se-Sulut.

(hm/alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close