Hillary Ajak Generasi Milenial Implementasikan 4 Pilar Kebangsaan di Masyarakat Hillary Ajak Generasi Milenial Implementasikan 4 Pilar Kebangsaan di Masyarakat - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hillary Ajak Generasi Milenial Implementasikan 4 Pilar Kebangsaan di Masyarakat

1 December 2019 | 23:57 WIB Last Updated 2019-12-02T17:57:52Z

INDIMANADO.COM, MANADO - Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh anggota DPR/MPR RI dari Partai Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, mendapat antusias dari generasi milenial. Buktinya, peserta membludak dari jumlah yang diperkirakan.

Anggota DPR RI termuda ini memilih Kantor DPRD Sulut sebagai lokasi pelaksanaan sosialisasi, Sabtu (30/11/2019). Tapi ruangan tempat pelaksanaan tidak mampu menampung jumlah peserta yang terdiri dari mahasiswa dan generasi muda lainnya.

Memang, awalnya peserta diperkirakan sekitar 150 orang sesuai dengan kursi dan piagam yang disediakan. Tapi peserta yang tercatat sebanyak 330 orang, sehingga banyak yang rela melantai.

Hillary memang tidak langsung memberikan materinya. Ia memilih melakukan dialog interaktif dengan memberi kesempatan peserta melontarkan pertanyaan.

Upaya ini pun berhasil. Sejumlah pertanyaan berhasil ditampung dan kemudian dijawab satu persatu sesuai materi. Meski begitu, terkadang Hillary mengembalikan lagi ke peserta untuk menanggapi kembali sehingga dialog terlihat lebih hidup.

Pada penyampaian materi, Hillary menjelaskan sosialisasi ini sangat penting untuk menanamkan dalam pikiran dan mental masyarakat tentang 4 pilar kebangsaaan, yakni Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa, UUD RI tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“4 pilar ini adalah satu kesatuan yang dikuatkan dengan ketetapan MPR,” ujar Hillary.

Menurutnya, para penyelenggara pemerintah serta masyarakat bisa memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya dengan terus menggelorakan implementasi 4 pilar di semua kalangan.

“Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda. Karena empat pilar menjadi cara strategis dalam character building. saya yakin efeknya akan luar biasa,” tuturnya.

Hillary juga berbicara tentang toleransi dan kebhinekaan. Dia mengingatkan seluruh masyarakat harus menjunjung tinggi toleransi. Alasannya, di era milenial bibit-bibit intoleran mulai terlihat.

Ia mengatakan bersyukur tinggal di Sulawesi Utara (Sulut) yang dikenal sebagai daerah yang memiliki toleransi tinggi. Bahkan toleransi tertinggi di Indonesia.

“Ya, di daerah ini lebih toleran, mau berbagi, gotong-royong dan yang terpenting menghargai perbedaan sehingga tercipta kebhinekaan. Kita harus pertahankan kebhinekaan ini,” Hillary menegaskan.

Sosialisasi 4 pilar ini juga diwarnai pembicara dosen FISIP Unsrat, Dr Max Egetan. Egetan menjabarkan ideologi Pancasila harus dihidupkan di mental generasi muda. “Sosialisasi jangan sepotong potong. Harus konsisten dan menyentuh para tokoh masyarakat,” katanya.

(Asrar)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close