Danlantamal VIII Ikuti Doa Kebangsaan Lintas Agama Virtual Kemenag RI Danlantamal VIII Ikuti Doa Kebangsaan Lintas Agama Virtual Kemenag RI - Media Independen

TERKINI

Iklan

Danlantamal VIII Ikuti Doa Kebangsaan Lintas Agama Virtual Kemenag RI

indimanado.com
15 May 2020, 01:24 WIB Last Updated 2020-05-14T17:24:24Z
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII, Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas. (Menggunakan Masker Hitam)

INDIMANADO.COM – Kementerian Agama (Kemenag) menggelar doa bersama lintas agama untuk meminta agar wabah virus Corona segera berakhir. Doa bersama digelar virtual dan disiarkan langsung di kanal YouTube Kementerian Agama dan TV milik pemerintah, Kamis (14/5/2020).

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan doa bersama ini dilakukan agar Tuhan mencabut wabah COVID-19 dari Indonesia.

“Umat masing-masing agama telah berdoa dengan penuh kekhusyukan untuk kiranya Tuhan berkenan mencabut wabah itu. Berdoa secara nasional pun telah dilakukan. Kali ini doa itu kita panjatkan kembali ke hadirat-Nya menurut ajaran agama yang masing-masing kita anut secara berurutan yang kita namakan dengan doa kebangsaan dan kemanusiaan," ujar Menag Fachrul dikutip dari detik.com.

Fachrul menyebut umat manusia di dunia juga diserukan oleh Komite Tinggi Kemanusiaan yang diinisiasi Grand Syekh Al Azhar Kairo bersama Paus Fransiskus Vatikan untuk berdoa bersama. Umat manusia berdoa agar ujian COVID-19 ini segera dicabut.

"Pada hari ini juga umat manusia untuk bersama mengetuk pintu langit berdoa bagi kemanusiaan khususnya memohon perkenan Tuhan untuk memcabut ujian dan cobaan Tuhan yang bernama COVID-19 ini," ujarnya.

Dalam doa bersama nasional tersebut, hadir pula perwakilan masing-masing agama di Indonesia, yaitu Prof KH Quraish Shihab mewakili agama Islam, Pdt Roni Manda mewakili agama Kristen, Ignatius Kardinal Suharyo mewakili agama Katolik. Hadir pula Ida Pedanda Made Gede mewakili agama Hindu, Sri Pannavaro Mahathera mewakili agama Budha, dan Budi Tanuwibowo mewakili agama Kong Huchu.

Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan itu juga diikuti Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) serta seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Salah satunya adalah Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII, Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas.

Brigjen Rompas memilih ruang VIP Markas Komando Lantamal VIII di Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Paal Dua, Manado untuk mengikuti doa secara virtual dan siaran langsung tersebut.

Danlantamal VIII didampingi Wadan Lantamal VIII serta para Asisten Danlantamal VIII mengikuti doa tersebut sesuai pemimpin masing-masing ajaran agamanya.

Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan itu juga dilaksanakan serempak di seluruh Satuan Kerja (Satker) Lantamal VIII, baik yang berada di Mako Lantamal VIII di Manado maupun di Bitung.

(acha)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close