Unik, Polda Sulut Gelar Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Anggota Polri di Dalam Air Unik, Polda Sulut Gelar Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Anggota Polri di Dalam Air - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Unik, Polda Sulut Gelar Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Anggota Polri di Dalam Air

30 June 2020 | 16:31 WIB Last Updated 2020-07-03T08:31:49Z

INDIMANADO.COM - Ada pemandangan yang tidak biasa terlihat di bibir pantai Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ratusan anggota kepolisian nampak berbaris rapi dengan posisi setengah badan terendam air laut.

Rupanya mereka merupakan personil yang baru saja naik pangkat. Total personil Polda Sulut dan jajaran yang naik pangkat berjumlah 368 orang. 189 personil diantaranya, yang bertugas di Polda, dilantik Kapolda Sulut secara langsung di Pantai Malalayang Manado.

Dari 189 personil tersebut, 17 diantaranya PNS Polri dan 7 orang lainnya dilantik menjadi pangkat Komisaris Besar Polisi, di bawah air dengan kedalaman 10 meter.

Upacara korps raport kenaikan pangkat anggota Polri periode 1 Juli 2020 dan PNS Polri periode 1 April 2020 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa itu tergolong unik.

Upacara kenaikan pangkat ini , dan dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Yadi Suryadinata dan para PJU Polda

"Sengaja dibuat di alam terbuka, tidak di ruang tertutup, agar bisa menghirup udara segar dan mendapat sinar matahari. Biar anggota juga tahu bahwa 80 sampai 90 persen wilayah Sulut terdiri dari laut. Begitu besar luas lautan yang harus kita jaga dan kita layani,” kata Kapolda, Selasa (30/6/2020).

Selain mengucapkan selamat dan sukses bagi personil yang menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi, kenaikan pangkat ini juga menurut Kapolda bukan hal yang biasa.

Itu butuh perjalanan yang panjang, butuh perjuangan dan itu diproklamirkan dengan pengorbanan kecil secara simbolis berada di pantai ini dengan menceburkan badannya sebatas pinggang.

“Selamat atas kenaikan pangkat saudara-saudara yang luar biasa. Kia (Polisi) hidup di semua habitat, ada darat, laut dan udara, perbukitan, lembah. Jadi polisi harus ada di habitat-habitat itu. Sukses selalu, sampaikan terima kasih kepada Tuhan, sampaikan terima kasih kepada anak, isteri, suami sanak keluarga, bahwa pangkat yang diberikan juga berkat dukungan dari mereka-mereka,” pungkas Kapolda.

(Subhan)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close