PINKAN Indonesia bersama Pemprov Sulut Gelar Lomba Kreativitas Kolintang Virtual Piala Menkominfo PINKAN Indonesia bersama Pemprov Sulut Gelar Lomba Kreativitas Kolintang Virtual Piala Menkominfo - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PINKAN Indonesia bersama Pemprov Sulut Gelar Lomba Kreativitas Kolintang Virtual Piala Menkominfo

9 August 2020 | 19:48 WIB Last Updated 2020-08-09T15:09:15Z



INDIMANADO.COM - Dalam rangka mensukseskan perayaan HUT ke-75 RI dan  HUT ke-56 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) bersama Pemerintah Provinsi Sulut akan menggelar lomba Kreativitas Kolintang Virtual.

Lomba yang akan dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, rencananya dimulai 10 Agustus, dan diagendahkan sampai 29 Agustus 2020. Lomba ini akan memperebutkan pialah Menkominfo Republik Indonesia dengan total hadiah sebesar Rp. 50 juta.

Selain dalam ranggka HUT RI ke-75 dan HUT Pemprov Sulut yang ke-56, lombah ini juga dalam rangka melestarikan musik kolintang kayu sebagai warisan budaya asal Minahasa.

Diketahui, Kolintang digadang-gadang akan terdaftar di UNESCO (Badan PBB untuk urusan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan), menyusul Batik dan Angklung.

Adapun kategori yang dilombakan terdiri dari kolintang original dan kolintang kreativitas milenial dengan karya cipta dan penyanyi terbaik.

Kegiatan ini juga digelar sebagai bagian kepedulian dari pemerintah bekerjasama dengan komunitas seni untuk turut membantu dan memberdayakan para seniman dan pelaku seni di tengah pandemi Covid-19.

Untuk itu, Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw mengajak para Bupati dan Walikota se-Sulut agar dapat mengimbau pimpinan gereja dan para seniman atau pelaku seni di daerah masing-masing untuk mengikuti kegiatan ini. Karena selain membawa manfaat secara ekonomi, kegiatan ini menjadi sarana atau media bagi seni pertunjukan agar tetap dinikmati masyarakat secara luas dan berdampak positif bagi para seniman dan komunitas seni yang ada di Sulut.

Jadwal Kegiatan lomba kreativitas kolintang virtual sebagai berikut :


  • Pengiriman video ke panitia paling lambat 10 Agustus 2020 .
  • Panitia upload ke YouTube PINKAN Indonesia paling lambat 10-11 Agustus 2020 .
  • Voting Like Video peserta 11-18 Agustus 2020
  • Pengumuman 5 Finalis masing-masing kategori 19 Agustus 2020.
  • Perekaman video dan audio dari Tim Kominfo 20-27 Agustus 2020.
  • Grand Final 29 Agustus 2020.

Adapun tim penilai terdiri atas Dirjen Aptika Kominfo, Dirjen Kebudayaan Kemdikbud dan PINKAN Indonesia.

(*/alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close