Cicilia Longdong Dilantik Anggota DPRD Manado Gantikan Kolanus Cicilia Longdong Dilantik Anggota DPRD Manado Gantikan Kolanus - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Cicilia Longdong Dilantik Anggota DPRD Manado Gantikan Kolanus

3 February 2021 | 23:09 WIB Last Updated 2021-02-27T15:18:32Z

LIPUTAN KHUSUS



INDIMANADO.COM – Cicilia Longdong resmi menjadi anggota DPRD Manado setelah dilantik oleh Ketua DPRD Manado Aaltje Dondokambey di Aula Paripurna Kantor DPRD Manado, Kamis (3/2/2021) siang.

Cicilia Longdong menggantikan Franseska
 LJ Kolanus berdasarkan usulan surat Pergantian Antar Waktu (PAW) DPP Partai Demokrat Nomor 346/SK/DPP.PD/XI/2020.



Surat tersebut kemudian ditindaklanjuti melalui SK Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Nomor 42 Tahun 2021 tentang Peresmian Pemberhentian Franseska LJ Kolanus sebagai Anggota DPRD Manado dan Peresmian Pengangkatan Cicilia Longdong sebagai Anggota DPRD Manado masa jabatan 2019-2024.

Pelantikan Cicilia Longdong kemudian dilakukan melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka Pemberhentian dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Manado.


Sekedar diketahui, Franseska LJ Kolanus dianggap tidak sejalan dengan Partai Demokrat dalam tahapan Pilkada Manado tahun lalu yang mengusung Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

Peraup suara terbanyak di Dapil Singkil – Mapanget dengan 3001 suara di Pileg 2019 ini dianggap telah melakukan tindakan pembangkangan karena ipar Wali Kota Manado ini terkesan mendukung paslon yang diusung Partai NasDem, Julyeta PA Runtuwene dan Harley AB Mangindaan (JPAR-Ai).


Franseska LJ Kolanus yang duduk di Komisi IV membidangi Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Rakyat kemudian diusulkan untuk diganti antar waktu oleh peraih suara terbanyak kedua di Dapil Singkil – Mapanget yakni Cicilia Longdong.

Bukan Orang Baru

Cicilia Longdong bukanlah orang baru di lembaga legislatif. Tidak seperti Nur Amalia yang menggantikan Syarifudin Saafa yang mundur dari DPRD Manado karena menjadi calon Wakil Wali Kota Manado di Pilkada Manado barusan.


Pemilik Rumah Makan Teterusan Mapanget ini sempat merasakan dua periode sebagai legislator Kota Manado pada 2009-2014 dan 2014-2019. Bahkan dia sempat dipercayakan sebagai Ketua Sementara DPRD Manado pada periode terakhirnya itu.

Kepada wartawan seusai pelantikan, Cicilia Longdong menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak. “Terima kasih untuk DPP Partai Demokrat, DPD Sulut dan DPC Manado yang sudah mengakomodir dan mempercayakan saya sebagai anggota dewan,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih juga kepada Ketua, Pimpinan dan anggota DPRD Manado lainnya serta kepada Banmus DPRD yang telah mengagendakan pelantikan ini.


“Syukur saya kepada Tuhan dan pada prinsipnya saya siap menjalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab. Saya juga siap melanjutkan tugas dan pengabdian yang selama ini telah dilakukan dengan baik teman saya Franseska Kolanus di DPRD Manado,” pungkas Cicilia Longdong.

Rapat Paripurna PAW ini dipimpin langsung Ketua DPRD Manado Aaltje Dondokambey dan diikuti para anggota dewan, Sekretaris DPRD Adi Zainal Abidin, tamu dan undangan serta orang tua dan keluarga Cicilia Longdong.

Turut mengikuti juga secara virtual Kajari Manado Maryono, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Sulung Purba, Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli dan beberapa anggota dewan lainnya.

(acha)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close