Tak Ada Gejala Usai Divaksin, James Sumendap Buktikan Vaksin Astra Zeneca Aman Tak Ada Gejala Usai Divaksin, James Sumendap Buktikan Vaksin Astra Zeneca Aman - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tak Ada Gejala Usai Divaksin, James Sumendap Buktikan Vaksin Astra Zeneca Aman

1 April 2021 | 17:48 WIB Last Updated 2021-04-01T09:48:06Z


INDIMANADO.COM, RATAHAN– Berbagai perbedaan dan tanggapan di tengah-tengah masyarakat terkait gejala awal yang ditimbulkan usai dilakukan Vaksin Astra Zeneca yang diduga tidak aman.

Untuk membuktikan tanggapan dari masyatakat terkait gejala yang timbul ketika selesai di Vaksin, membuat Bupati Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap, SH, tertantang untuk membuktikannya.

Bupati Sumendap divaksinasi Astra Zeneca. Usai divaksin, Bupati Sumendap menjalani masa observasi selama kurang lebih hampir satu jam di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Bupati Sumendap terlihat dalam kondisi baik, tanpa adanya gejala apapun dari Vaksin Astra Zeneca.


Bupati Mitra James Sumendal dengan tegas mengatakan bahwa Vaksin Astra Zeneca aman digunakan.

“Saya sudah divaksin Astra Zeneca bersama 9 orang lainnya. Setelah kurang lebih satu jam divaksin dan teman lain sudah lebih dari 30 menit seusai standar WHO, kami tidak merasakan gejala. Jadi vaksin Astra Zeneca baik dan aman digunakan,” ungkap James Sumendap, Rabu (31/3/2021).

Sebab itu dijelaskannya, menyikapi pandangan dari masyarakat yang meragukan keamanan Astra Zeneca, Sang Gladiator meyakinkan bahwa masyarakat tidak perlu meragukannya karena dirinya sudah divaksin dan hingga saat ini dalam keadaan baik serta tanpa gejala.

“Jadi saya harus meyakinkan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman. Itu hanya persepsi orang saja. Kondisi klinis yang terjadi itu normal. Saya bukan ahli kesehatan, tetapi saya pengamat karena kami melihat langsung apa yang terjadi hari ini,” pungkas James Sumendap.


Demikian juga dengan Vaksin Sinovac yang digunakan sebelumnya di Kabupaten Mitra, dirinya menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada keluhan dari penerima Vaksin.

“Jadi apapun jenis vaksin yang digunakan, kalau itu sudah melalui proses seleksi yang ketat dari Balai POM dan memberikan izin, kita harus meyakini bahwa lembaga ini dapat menjamin bagi masyarakat untuk menggunakan apapun, baik obat, makanan, maupun vaksin,” tandas Bupati Mitra dua periode ini.

Bupati Sumendap pula menghimbau kepada masyarakat di Minahasa Tenggara, agar jangan takut untuk di Vaksin, karena Vaksin Astra Zeneca aman digunakan.


Vaksin Astra Zeneca juga efektif diberikan kepada masyarakat berusia di atas 65 tahun serta yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Vaksin ini diyakini akan memberi manfaat besar dibandingkan efek samping.

Memang sebelumnya Pemerintah telah menunda distribusi vaksin Astra Zeneca, karena penundaan dilakukan di tengah munculnya kabar dugaan penggumpalan darah usai penyuntikan vaksin covid-19 tersebut, serta gejala lainnya, ini tentunya menjadikan alasan penundaan karena pemerintah ingin lebih memastikan keamanan dan ketepatan kriteria penerima vaksin Astra Zeneca.

Sumendap pula mengingatkan kepada semua elemen masyarakat, meskipun sudah dilakukan Vaksin, namun harus terus mentaati serta memperhatikan protokol kesehatan, seperti selalu memakai masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air yang mengalir atau membawa hand sanitizer, serta menjauhi kerumunan.

Lanjut Sumendap, pihak Pemerintan bersama TNI dan POLRI melakukan sinergitas untuk penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Minahasa Tenggara, seperti melakukan razia ataupun pemeriksaan penggunaan masker terhadap masyarakat di Mitra, baik itu mereka berada di pasar, swalayan, ataupun tempat umum lainnya.

Penegasan penggunaan masker tentunya terus di ingatkan kepada semua masyarakat, terlebih kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dan jajaran Pejabat di Mitra, karena apabila mereka tidak mendengar ataupun mengabaikan protokol kesehatan Covid-19, maka sangsi akan diberikan bagi mereka yang melanggar aturan tersebut.

Sumendap pula mengingatkan kepada masyarakat Mitra, bahwa imbauan yang selalu mereka lakukan baik itu pihak Pemerintah dan TNI POLRI, semata-mata untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Daerah ini, dengan harapan pandemi Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Kabupaten Mitra, segera berakhir, agar perekonomian berjalan lancar dan normal kembali.

Untuk mengembalikan suasana seperti dahulu ketika belum adanya pandemi Covid-19, maka perlu adanya kerja sama dengan masyarat setempat, karena selain himbauan yang selalu di sampaikan oleh Pemerintah Desa, Kecamatan sampai tingkat Kabupaten terkait pentingnya memperhatikan protokol kesehatan, juga kesadaran dari pribadi masing-masing, untuk menekan penyebaran Covid-19 yang berawal dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Bagaimana Pemerintah memberikan rasa aman serta membuat masyarakat semua menjadi sehat, maka masyarakat harus di Vaksin, karena Vaksin aman, dan menyehatkan serta mengindarkan dari penyebaran Covid-19. (Advetorial)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close