Menteri P3A Bintang Puspayoga Launching Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat Menteri P3A Bintang Puspayoga Launching Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Menteri P3A Bintang Puspayoga Launching Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat

19 October 2021 | 11:53 WIB Last Updated 2021-10-21T03:57:16Z


MANADO, (indimanado.com) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI Ibu Bintang Puspayoga, melaunching Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat yang digelar di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Selasa (19/10/2021).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Dinas P3A Provinsi Sulut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulut dan Bank SulutGo. Program ini pula adalah terobosan Dinas P3A Provinsi Sulut untuk mendorong kaum perempuan bisa berperan aktif meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat sekitar.

Menteri Bintang Puspayoga dalam sambutannya, mengapresiasi atas peluncuran program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat di Provinsi Sulut ini.

“Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas P3A Provinsi Sulut yang hari ini meluncurkan Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat,” ungkapnya.

“Ini adalah salah satu upaya kita menjawab PR (pekerjaan rumah) isu-isu perempuan dan anak. Ketika kita bicara isu perempuan dan anak yang multi sektoral dan kompleks, hal ini menjadi arahan pak Presiden, dimana perempuan harus berdaya secara ekonomi,” sambung Menteri Bintang Puspayoga.


Kata dia, disamping bicara soal teknik dan usaha, maka pendampingan modal usaha bagi perempuan sangatlah penting. Oleh karena itu, diharapkan kepada pihak perbankan khususnya Bank SulutGo sebagai pemodal dapat memberikan kemudahan dan aksebilitas agar kaum perempuan bisa mendapatkan modal usaha.

“Kami mengapresiasi karena pinjaman ini tanpa anggunan, maka harus dipertanggungjawabkan dengan baik, sehingga Dinas P3A di daerah dan para pendamping dapat mendampingi para Ibu dalam menjalankan usaha dengan permodalan dari perbankan,” tandas Menteri Bintang Puspayoga.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, program penguatan usaha dengan permodalan bagi perempuan di daerah sangat penting, apalagi akibat pandemi Covid-19.

“Program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat ini sangat bermanfaat karena bisa membantu ekonomi keluarga,” ujarnya.

Kepala Dinas P3A Sulut dr. Kartika Devi Tanos dalam laporannya, menyampaikan bahwa terobosan yang dilakukan instansinya dengan menggandeng Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Bank SulutGo merupakan terobosan memberdayakan potensi yang dimiliki kaum perempuan di daerah guna menopang ekonomi keluarga, terlebih bagi perempuan sebagai kepala keluarga maupun perempuan yang memiliki ketrampilan, namun berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

“Ini merupakan inovasi Dinas P3A sebagai jabaran 5 arahan Presiden, kami memilih sasaran pada perempuan sebagai Kepala Rumah Tangga,” katanya.

Lanjut dr. Devi, kerjasama segitiga, dimulai dari pemberian sertifikasi bagi perempuan yang mengikuti pelatihan di UPTD Balai Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Dinas P3A Provinsi menyerahkan bantuan peralatan seperti peralatan Menjahit, Salon dan peralatan Masakan, sesuai bidang ketrampilan yang dilatih di UPTD Balai Tenaga Kerja.

Sedangkan bantuan permodalan dari Bank SulutGo melalui  fasilitas Tabungan dan Kartu Kredit bagi perempuan hebat, diberikan kepada kaum perempuan yang telah memperoleh sertifikasi dan peralatan.

Diketahui, lima program prioritas Presiden untuk meningkatkan status dan dukungan bagi perempuan dan anak, salah satunya ialah, Peningkatan Pemberdayaan Perempuan dalam Kewirausahaan yang Berperspektif Gender. Selain itu, ada program Peningkatan Peran Ibu dalam Pendidikan Anak, Penurunan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Penurunan Pekerja Anak, dan Pencegahan Perkawinan Anak.

Pada kegiatan launching Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat itu, Menteri Bintang Puspayoga didampingi Gubernur Olly dan Wagub Steven O.E. Kandouw menyerahkan Kartu Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat serta bantuan bagi perempuan dan anak korban terpapar Covid-19.

Nampak hadir pada kegiatan itu, Ketua TP PKK Sulut Ibu. Rita Dondokambey Tamuntuan, Deputi dan Asisten Deputi Kementrian P3A RI, jajaran Bank SulutGo, Kepala OJK Wilayah, Bank Indonesia Cabang Manado, Forkopimda Sulut, Walikota Manado, TP PKK Kota Manado, Dinas P3A, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten/Kota serta undangan. (*)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close