Kodim 1309/Manado Gelar Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga Besar TNI Kodim 1309/Manado Gelar Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga Besar TNI - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kodim 1309/Manado Gelar Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga Besar TNI

15 November 2021 | 18:55 WIB Last Updated 2021-11-15T10:55:48Z

 

Kodim 1309/Manado Gelar Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga Besar TNI (Foto Istimewa)



INDIMANADO.COM, Manado - Dalam rangka meningkatkan kemampuan Keluarga Besar TNI sebagai bagian dari komponen pertahanan dalam upaya pembelaan negara, Kodim 1309/Manadi menggelar kegiatan pembinaan peningkatan kemampuan Keluarga Besar TNI (KBT) Semester IV Tahun 2021.


Kegiatan dengan tema 'Melalui Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga Besar TNI, KBT menjadi organisasi masyarakat yang profesional dan militan guna mendukung tugas pokok TNI AD' ini diikuti oleh GM FKPPI Manado, KB FKPPI Sulut, KB FKPPI Manado, yang digelar di Aula Makodim 1309/Manado, Senin (15/11/2021).


Dalam sambutannnya, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Daniel Edgar Syaloom Lalawi mengatakab bahwa keluarga besar TNI merupakan salah satu sumber daya atau potensi yang harus kita bina terus karena negara mengamanatkan pada TNI untuk menyelenggarakan pembinaan ini termasuk dari keluarga besar TNI.


"Sehingga kapan pun dibutuhkan kita siap, kemampuan kita tetap ada, siap dalam mendukung laju pembangunan untuk kepentingan negara sehingga mendapatkan bekal untuk menghadapi berbagai perkembangan situasi baik yang ada di TNI-AD maupun dalam lingkungan kita," kata Dandim.


Pembinaan kemampuan keluarga besar TNI ini kata Dandim bertujuan untuk memelihara dan memantapkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara dan terbentuknya kader-kader pemimpin dari keluarga besar TNI yang memiliki kepribadian yang memiliki jiwa Pancasila dan nasionalis, meningkatkan pemahaman tentang mempertahankan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45 dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.


Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Meiske Conny Lantu selaku Kaban Kesbangpol dan Linmas Kota Manado tentang Peran Pemerintah dalam pelaksanaan Wawasan Kebangsaan sesuai dengan Permendagri Nomor 17 Tahun 2012 dan Implementasi Bela Negara.


Meiske juga menjelaskan tentang Tupoksi Kesbangpol dan Linmas Kota Manado, Pendidikan Wasbang, Penyelenggaran Pendidikan Wasbang dan bentuk kegiatannya serta Definisi Bela Negara.


Materi selanjutnya disampaikan oleh Ketua PC KB FKPPI Sulut, Ferry Susanto yang menjelaskan tentang Sinergitas FKKPI dengan TNI-POLRI dalam menjaga persatuan bangsa. Pemaparan materi dilanjutkan oleh Sek PD GM FKPPI Sulut, Dolvie Makawena dengan materi Profesionalisme dan Sinergitas KB FKPPI, GM FKPPI, PPM dan Hipakad dengan TNI-AD.


Usai materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kasdim 1309/Manado Letkol Inf Dedi Junaedi menanggapi pertanyaan peserta kegiatan antara lain tentang peranan kebhinekaan dalam menghadapi potensi ancaman yang sangat besar terkait kondisi bangsa dilihat dari banyak aspek, salah satunya aspek wilayah yang jd incaran dan juga diposisikan sebagai ancaman bagi bangsa lain. Hakekat ancaman yang terus berkembang yang perlu diwaspadai. Banyak kerawanan yg jadi sumber konflik, perkuat nasionalisme.


"Waspadai aksi propaganda yang akan berusaha pengaruhi pemahaman dan perilaku untuk mencapai tujuannya yang bertentangan dengan UUD 45, Pancasila dan NKRI, mengganggu tujuan nasional, lebih bijak dalam penggunaan media dan alat komunikasi cermati agar tidak jadi korban penyalahgunaan IT," tutur Kasdim.


(Subhan)

×
Berita Terbaru Update
close