Instalasi Promkes dan Pemasaran RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Menjaga Kesehatan Ginjal Instalasi Promkes dan Pemasaran RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Menjaga Kesehatan Ginjal - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Instalasi Promkes dan Pemasaran RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Menjaga Kesehatan Ginjal

11 March 2022 | 17:30 WIB Last Updated 2022-03-11T09:30:12Z
Kegiatan Edukasi  menghadirkan narasumber dr. Octavianus Robert Hentje Umboh, Sp.PD (K) dengan materi “Kesehatan Ginjal Bagi Semua”. (foto-istimewa)

MANADO, (indimanado.com) - Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado yang yang dipimpin dr. Sekplin Sekeon, Sp.S,MPH bekerjasama dengan Divisi Ginjal Hipertensi KSM Ilmu Penyakit Dalam melaksanakan kegiatan Edukasi Kesehatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ginjal Sedunia dengan tema “Ginjal Sehat untuk Semua” yang diperingati Kamis, (10 Maret 2022).

Kegiatan Edukasi ini menghadirkan narasumber dr. Octavianus Robert Hentje Umboh, Sp.PD (K) dengan materi “Kesehatan Ginjal Bagi Semua”. Materi ini diberikan agar kita lebih memahami bagaimana menjaga dan memelihara Kesehatan Ginjal yang Lebih Baik. Dokter lulusan FK Unsrat ini mengatakan Ginjal adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk, tepatnya di kedua sisi tulang belakang.

"Organ ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk tubuh. Dimana kedua ginjal berfungsi untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini kemudian disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urine. Selain itu, ginjal juga mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot. Karena fungsinya yang sangat penting, menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan,"ujarnya.


Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuh akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik. Ia juga memberikan Tips Menjaga Kesehatan Ginjal yakni minum air putih, Makan Makanan Sehat, Perhatikan Tekanan Darah, Jangan Merokok atau Minum Alkohol Berlebihan serta menjaga Berat Badan Ideal. Itulah beberapa tips menjaga kesehatan ginjal secara sederhana yang bisa dilakukan.

Usai materi oleh Narasumber kesempatan tanya jawab langsung dimanfaatkan oleh 3 orang pasien/keluarga pasien yang mengikuti edukasi kesehatan dengan bertamya terkait dengan kesehatan Ginjal dan bahkan diantara salah satunya adalah pasien yang sedang melakukan Haemodialisa.

Menutup kegiatan dr. Henny Ruth Liwe, M.Kes selaku ketua Unit Operasional Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou mewakili manajemen menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksenya kegiatan edukasi ini.

"Bagi pasien dan keluarga pasien kami berharap agar edukasi ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan tentang kesehatan ginjal,"pungkas dr. Henny. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close