Instalasi Promkes dan Kesehatan RSUP Kandou Gelar Edukasi Tentang Manfaat ASI Bagi Bayi Instalasi Promkes dan Kesehatan RSUP Kandou Gelar Edukasi Tentang Manfaat ASI Bagi Bayi - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Instalasi Promkes dan Kesehatan RSUP Kandou Gelar Edukasi Tentang Manfaat ASI Bagi Bayi

10 August 2022 | 22:16 WIB Last Updated 2022-08-10T14:16:45Z
Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Kandou Manado bersama KSM Anak kembali menggelar edukasi kesehatan bagi pasien dan keluarga serta pengunjung di ruang tunggu poliklinik Bedah RSUP Kandou (10/08/2022). (Foto istimewa)

MANADO, (Indimanado.com) - Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Kandou Manado bersama KSM Anak kembali menggelar edukasi kesehatan bagi pasien dan keluarga serta pengunjung di ruang tunggu poliklinik Bedah RSUP Kandou (10/08/2022).

Edukasi Kesehatan kali ini digelar dalam rangka Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week diperingati setiap tanggal 1 -7 Agustus. Dan untuk tahun ini 2022 Pekan ASI Sedunia mengusung tema “Step up for Breastfeeding Educate and Support” atau “Langkah Untuk Menyusui Edukasi dan Dukungan”, yang bertujuan untuk mendorong menciptakan perlindungan dan meningkatkan kesadaran tentang menyusui dan manfaatnya.

dr. Ronald Rompies, Sp.A yang hadir sebagai Narasumber membawakan materi dengan judul "ASI Sebagai Nutrisi Ideal Dalam Menunjang Kesehatan, Pertumbuhan & Perkembangan Bayi" menjelaskan Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan alamiah berupa cairan dengan kandungan gizi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan bayi, sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

ASI mulai diberikan setelah Ibu melahirkan dengan meletakkan dada di Ibu Biarkan bayi berusaha mencari puting susu ibunya untuk merangsang ASI keluar ASI diberikan hingga bayi berusia 6 bulan, setelah itu bayi diberikan MP-ASI Pemberian ASI tetap dilanjutkan hingga bayi berusia 2 tahun ASI eksklusif ialah bayi sejak lahir sampai usia 6 bulan hanya diberi ASI saja dan tidak diberikan makanan atau minuman apapun karena ASI sudah memenuhi kebutuhan gizi bayi. Rekomendasi WHO dan UNICEF dalam upaya mendukung ASI eksklusif adalah Inisiasi Menyusui dini IMD) pada satu jam pertama setelah lahir, Susu Formula mengandung berbagai mineral, berbagai vitamin, lemak, DHA/ARA, karbohidrat, protein, dan air.

Sedangkan, ASI mengandung antibody, hormone, anti virus, anti alergi, anti parasite, hormone pertumbuhan, enzim, mineral, vitamin, lemak, DHA/ARA, karbohidrat, protein dan air.

Instalasi Promkes sebagai penyelenggara selalu memberikan apresiasi kepada peserta khususnya mereka yang aktif dalam kegiatan tersebut dengan memberikan gimik berupa handsanitaizer dan Masker. Termasuk juga kepada Narasumber dengan memberikan Sertifikat.

Diakhir kegiatan Kepala Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou Manado dr. Sekplin Sekeon, Sp.S, MPH. menyampaikan terima kasih kepada Narasumber kita dalam kegiatan edukasi kali ini, sembari memberi motifasi kepada semua pasien dan keluarga pasien yang ikut kegiatan tersebut, agar senantiasa mentaati protokol kesehatan dan mengajak semua yang ikut untuk tetap berprilaku hidup bersih dan sehat agar kita semua terhindar dari virus Corona tutup dr.Sekplin. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close