Apoteker Siap Bertransformasi! Tajuk Utama Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Mukernas HISFARSI-IAI Oktober mendatang di Manado Apoteker Siap Bertransformasi! Tajuk Utama Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Mukernas HISFARSI-IAI Oktober mendatang di Manado - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Apoteker Siap Bertransformasi! Tajuk Utama Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Mukernas HISFARSI-IAI Oktober mendatang di Manado

20 September 2022 | 19:50 WIB Last Updated 2022-09-20T16:36:07Z

MANADO, (indimanado.com) - Panitia Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan Mukernas Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit Indonesia-Ikatan Apoteker Indonesia (HISFARSI-IAI) pada 5 Oktober hingga 7 Oktober 2022 mendatang di Novotel Convention Center , Kairagi, Manado, Sulawesi Utara, terus mematangkan kegiatan 4 tahunan ini.

Ketua Panitia, Drs Gerald Christian Parera Apt dalam sesi wawancara khusus di Sario, Kota Manado, menyampaikan bahwa pemilihan materi yang akan di presentasikan pada setiap sesi acara, menjadi hal pokok yang harus persiapkan oleh panitia.

Seperti dalam sesi utama, Plenary Talk, Parera mengatakan, "Judul materi yang akan di bawakan oleh Prof. Rhenald Kasali PhD temanya adalah 'Apoteker Siap Bertransformasi,' dari mental passanger menjadi driver untuk survival dan dapat meraih sukses di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity), yaitu era ketidakpastian saat ini," terangnya.

Sehubungan dengan sesi Olympiade Farmasi Klinik, Parera
menerangkan, lomba yang akan mempertemukan 34 pengurus cabang Hisfarsi antar daerah ini adalah lomba kecepatan menjawab dalam bidang 'Farmasi Klinik', yang jawabannya langsung terhubung ke aplikasi yang sudah dikemas dalam bentuk format seperti cerdas-cermat (kuis).

Kemudian, dalam Sesi Transformasi Digital Health dalam Management Rumah Sakit. Menurut Parera, sekarang rumah sakit itu sudah harus menerapkan sistem digitalisasi terhadap pekerjaan, untuk mempercepat informasi yang dibutuhkan oleh tenaga medis termasuk didalamnya Apoteker. Pengerjaan digitalisasi ini sudah merambat di semua unit di rumah sakit, karena kecepatan data sudah menjadi bagian yang sangat penting saat ini. Pasien dari rumah sudah bisa langsung mengirimkan serta mengakses data melalui aplikasi Messenger ataupun website, yang langsung terinput di data Digital Medical Account, sehingga dokter, dimana saja bisa membuka data pasien tanpa harus melihat dokumen (fisik) medical account. Dan, Apoteker harus ikut berkolaborasi dalam bentuk tim dengan para dokter dan unit rumah sakit lainnya dalam pelayanan pengobatan pasien.

Banyaknya tamu dari seluruh penjuru Nusantara yang akan datang ke Manado, Sulawesi Utara pada event PIT dan Mukernas Hisfarsi ini, Parera berharap event ini bisa membangkitkan gairah ekonomi di Sulawesi Utara, khususnya bagi UMKM dan para pelaku wisata di Sulut.

"Khusus bagi para peserta PIT, atas dukungan Dinas Pariwisata Kota Manado, nantinya akan di bagikan souvenir kain Batik khas Sulawesi Utara, dalam rangka memperkenalkan Batik khas Sulawesi Utara ke seluruh Nusantara," jelasnya.

Bagi para pemerhati kesehatan dan Farmasi yang ingin mengikuti kegiatan PIT HISFARSI ini, bisa melakukan registrasi pendaftaran langsung di https://hisfarsisulut.org/
(Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close