Gubernur Olly: Kepintaran dan Keberanian Sosok Robert Wolter Mongisidi Sangat Disegani Gubernur Olly: Kepintaran dan Keberanian Sosok Robert Wolter Mongisidi Sangat Disegani - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gubernur Olly: Kepintaran dan Keberanian Sosok Robert Wolter Mongisidi Sangat Disegani

6 September 2022 | 14:40 WIB Last Updated 2022-09-06T06:48:06Z
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sulut, Ferry Sangian SSos MAP saat membawakan sambutan Gubernur Olly Dondokambey. Foto Ridho L Tobing/indimanado.com

MANADO, (indimanado.com) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey dalam isi sambutan  mengatakan, kepintaran dan keberanian sosok Robert Wolter Mongisidi sangat disegani.

Hal ini disampaikan Gubernur Olly Dondokambey lewat sambutannya yang dibawakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Sulut, Ferry Sangian SSos MAP pada peringatan 73 Tahun gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi di Decorlano Resort Malalayang, Senin (5/9/2022).

Robert Wolter Mongisidi merupakan tokoh yang sangat berpengaruh sebelum dan pasca kemerdekaan.

"Perjuangan dan pengorbanannya hanya demi satu tujuan, yakni, mengusir penjajah dari Tanah Air tercinta."

Meskipun sudah di vonis hukuman mati, Robert Wolter Mongisidi terus menyuarakan semangat perjuangan melalui 'Tulisan'. Beberapa tulisan seperti, 'Jangan berhenti mengumpulkan pengetahuan agar kepercayaan kepada diri sendiri tetap ada, dan juga dengan kepercayaan penuh kepada TUHAN, janganlah tinggalkan Kasih TUHAN yang mengatasi segala-galanya.'

Foto Ridho L Tobing/indimanado.com

Dalam konteks ini, kata Sangian, Gubernur Olly mengajak masyarakat memaknai momentum ini dengan berdoa dan terus mengobarkan semangat cinta tanah air.

"Dengan mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan, baik dalam aktivitas sehari-hari, dalam kegitan-kegiatan sosial maupun dalam lintas dimensi pembangunan daerah, menuju terwujudnya Sulawesi Utara maju dan sejahtera, sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik, sehingga jiwa nasionalis kita sekalian tidak pudar dan tetap kokoh," pesannya.

Peringatan 73 Tahun gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi ini berlangsung khidmad.

Acara dibuka dengan doa oleh Pendeta Yusuf Runondo, diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Suasana sakral sangat terasa saat Brigjend Erdy Jemmy Lumintang SIP, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka memimpin detik-detik mengheningkan cipta.

Pertunjukan Seni-Budaya,Tarian Kabasaran Bantik (Upasa), Mahamba Bantik dan Paduan Suara SMA Katolik St.Theresia diakhir dari acara menambah nilai peringatan 73 Tahun gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi ini.

Sementara untuk laporan Panitia Pelaksana disampaikan oleh Sekretaris Panitia Pelaksana, Matulandi PL Supit SH.

Di panggung Kehormatan nampak hadir Kepala Seksi Teritorial Kasrem 131/Santiago, Kolonel Kav Danny Hermawan, Komandan Kodim 1309/Manado, Kol. Inf Daniel Lalawi, Danpom Lantamal VIII Koarmada II, Letkol Laut (PM) Damianus Denny Nixon Ogi SAP MTr Opsla. Kolonel Pas Paulus Purwadi, Kadispotdirga Lanud Sam Ratulangi. Mewakili Polda Sulut, Kompol Berty Rengkuan SE, Kaban Kesbang-Pol Kota Manado, Meiske Conny Lantu SE. (Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close