Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minut Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minut - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minut

19 January 2023 | 20:30 WIB Last Updated 2023-02-05T23:38:38Z

Presiden Ir. Joko Widodo kembali melakukan kunjungan ke Provinsi Sulawesi Utara dengan agenda kerja diantaranya melakukan Peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoaan di Kabupaten Minahasa Utara.



SULUT, (Indimanado.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (19/1/2023).



Dikatakan Jokowi, Bendungan Kuwil Kawangkoan dibangun sejak 2016. Artinya, sudah 5,5 tahun dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun rupiah.



Lanjut Jokowi bendungan Kuwil memiliki kapasitas tampung sebesar 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare. Keberadaan Bendungan Kuwil diantaranya untuk mengurangi banjir di Kota Manado.



Jokowi pun ingat betul Kota Manado pernah banjir bandang tahun 2014. Sehingga, diharapkan bendungan Kuwil bisa mencegah banjir bandang kembali terjadi di Manado.



Lanjut Presiden Jokowi, keberadaan Bendungan Kuwil Kawangkoan juga bisa untuk pembangkit listrik Tenaga Mikro Hidro. Bendungan Kuwil disebut mampu menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt. Selain itu, untuk pertanian juga.



“Letaknya berada di atas Kota Manado. Sehingga kalau tidak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir seperti saya ingat pernah 2014 di Manado banjir bandang,” kata Jokowi.



Adapun pembangunannya, dikerjakan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-DMT (KSO), paket dua dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero), dan paket ketiga dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Nindya Karya (Persero) (KSO).



Pada kesempatan itu, Jokowi juga memberikan pertanyaan kepada anak-anak sekolah dasar yang menghadiri peresmian itu, dengan hadiah sepeda. (Advetorial)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close