PGI Dukung Bawaslu Melawan Politisasi SARA, Ujaran Kebencian, Hoax dan Politik Uang PGI Dukung Bawaslu Melawan Politisasi SARA, Ujaran Kebencian, Hoax dan Politik Uang - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PGI Dukung Bawaslu Melawan Politisasi SARA, Ujaran Kebencian, Hoax dan Politik Uang

15 February 2023 | 18:07 WIB Last Updated 2023-02-15T10:07:04Z
Komisionernya Bawaslu RI, Herwyn J. Malonda saat melakukan pertemuan dengan PGI. 

JAKARTA, (Indimanado.com) - Hari ini Rabu (15/2/23), Bawaslu RI mengunjungi PGI diwakili oleh salah satu komisionernya, Herwyn J. Malonda. Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Bawaslu untuk menjalin kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan untuk mengsukseskan Pemilu 2024.

Kunjungan Bawaslu RI ini diterima langsung oleh Pendeta (Pdt) Gomar Gultom, Ketua Umum PGI, Pdt. Krise Gosal, Wakil Sekretaris Umum PGI, Arie Moningka, Bendahara PGI, dan para staf lainnya.

Malonda mengatakan bahwa kehadiran Bawaslu ini untuk mengajak PGI terlibat dalam menciptakan Pemilu 2024 yang damai, sejuk, kondusif, berintegritas, jujur , adil dan bermartabat.

Bawaslu berharap "PGI sebagai wadah berhimpun gereja-gereja di Indonesia bisa menjadi rujukan gereja untuk menyampaikan kepada para Pendeta dan Tokoh Kristiani tentang materi-materi tentang Pemilu damai, berintegritas, judil dan bermartabat."

Selanjutnya, Molonda mengatakan bahwa Bawaslu dapat melakukan " sosialisasi bersama PGI dalam kegiatan-kegiatan forum warga gereja demi menciptakan gerakan pencegahan pelanggaran Pemilu."

"Bawaslu dapat juga melakukan kerjasama untuk membangun literasi digital pencegahan dan pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 ini," tambahnya.

Secara lebih spesifik, Malonda mengharapkan PGI dapat melakukan kajian teologis terkait isu-isu pelanggaran Pemilu yang melanggar nilai-nilai Kristiani, seperti politik uang, mahar politik, hoax, black campaign, dll.

PGI menyambut baik ajakan kerjasama Bawaslu dalam memaknai Pemilu 2024 ini. "Pada dasarnya PGI siap bekerja sama dengan Bawaslu. Karena itu, ajakan kerjasama untuk Pemilu 2024 yang lebih baik kami sambut dengan gembira", sambut Pdt. Gomar Gultom, Ketua Umum PGI.

"Kami mengganggap ini juga sangat penting. Sebab suksesnya Pemilu adalah juga tanggungjawab warga gereja. Ada beberapa juga kegiatan terkait Pemilu yang akan dilaksanakan PGI tahun ini", tambah Pdt. Gomar Gultom.

"PGI juga akan mendukung Bawaslu, termasuk dalam melawan kemungkinan akan maraknya politisasi SARA, ujaran kebencian, hoax, dan politik uang", tegas Pdt. Gomar.

Diakhir pertemuan, Bawaslu mengemukakan rencana untuk melakukan Deklarasi Pemilu Damai Lintas Iman. Dalam kegiatan itu, Bawaslu mengharapkan PGI hadir bersama-sama dengan organisasi keagamaan lain, yaitu: NU, Muhamadiyah, KWI, Walubi, PHDI, dan Matakin. (***)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close