Polres Bitung Sukses Kawal Pendaftaran Bacaleg di KPU Polres Bitung Sukses Kawal Pendaftaran Bacaleg di KPU - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Polres Bitung Sukses Kawal Pendaftaran Bacaleg di KPU

15 May 2023 | 22:37 WIB Last Updated 2023-05-18T14:43:34Z

BITUNG, Indimanado.com - Pendaftaran Bakal Calon Legoslatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung berjalan kondusif. Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan Kepolisian Resort (Polres) Kota Bitung.

Terpantau sejak Kamis - Minggu (11-14/5/2023), personil Polres Bitung terus mengawal jalan pendaftaran Bacaleg di Kantor KPU.


Mengingat banyaknya massa simpatisan yang saling membaur, selama proses pendaftaran Bacaleg anggota kepolisian terus bersiaga di seputaran lokasi kantor KPU Bitung.

Sesuai dengan Nota Kesepahaman antara KPU RI Hasyim Asy'ari dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menekankan bahwa pengamanan Polri terhadap tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 bersifat menyeluruh sejak awal hingga akhir, maka Kapolres Bitung, AKBP Tommy Bambang Souissa melakukan antisipasi pengamanan di lokasi pendaftaran bacaleg parpol di KPU Kota Bitung guna menjaga kondusifitas serta menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.


Kapolres Bitung melalui Kasi Humas Polres Bitung, Ipda Iwan Setiyabudi menyampaikan bahwa Polres Bitung melakukan pengamanan tertutup dan terbuka selama kegiatan di KPU Bitung berlangsung.

Pengamanan dari Polres Bitung ini melibatkan Satuan Intelijen dan Keamanan (Satintelkam) dengan pola sistem pengamanan tertutup, ditambah dengan personil dari Satsabhara yang melakukan patroli mobile yang biasa disebut dengan Patroli Presisi Satsabhara yang biasa difokuskan pada objek vital yang berpotensi adanya gangguan Kamtibmas.

Iwan juga menambahkan, bahwa Satuan Lalu lintas Polres Bitung juga dilibatkan dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas di seputaran lokasi KPU Bitung.
Namun, mengingat domisili Kantor KPU Bitung berada di wilayah hukum Polsek Matuari, pengamanan melekat disekitar lokasi KPU dilaksanakan oleh Polsek Matuari.


Pengamanan Polsek Matuari diperjelas Kapolsek AKP. Jemmy CH. Lewu.

"Oleh karena kantor KPU berada di wilayah hukum dari Polsek Matuari, jadi kami berkewajiban untuk melaksanakan pengamanan terbuka dalam artian ada petugas Polri yang berbaju dinas di seputaran atau lingkungan dari KPU, kemudian yang pengamanan tertutup dari unit Intelkam," terang Kapolsek Matuari ini.

Terpantau dilokasi, Kapolsek Matuari memimpin langsung jalannya pengamanan hingga Senin (15/5/2023) dini hari. (Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close