Jadi Inspektur Upacara di HUT RI ke-78, Warga Talaud Pertanyakan Kapasitas Hillary Lasut Jadi Inspektur Upacara di HUT RI ke-78, Warga Talaud Pertanyakan Kapasitas Hillary Lasut - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jadi Inspektur Upacara di HUT RI ke-78, Warga Talaud Pertanyakan Kapasitas Hillary Lasut

23 August 2023 | 18:07 WIB Last Updated 2023-08-23T10:07:36Z
Hillary Brigitta Lasut (HBL) saat menjadi saat menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT RI Ke-78. (Foto istimewa)
Hillary Brigitta Lasut (HBL) saat menjadi saat menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT RI Ke-78. (Foto istimewa)

TALAUD, Indimanado.com - Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun 2023 menyisahkan tanda tanya besar bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Bagaimana tidak seorang anggota DPR RI, Hillarry Brigitta Lasut yang juga anak dari Bupati Talaud Elly Lasut bisa menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT RI ke-78 mengantikan ayahnya.

"Kami heran wakil Bupati sama Sekda nya kemana, kenapa bukan mereka yang mewakili Bupati sebagai irup upacara peringatan HUT RI? saya rasa baru kali ini terjadi di Talaud," kata Feri warga Talaud.

Hal yang sama juga dipertanyakan oleh warga Talaud lainnya yang diunggah melalui akun media sosial.

"Hubungan apa kong Hillary yang wakili Bupati di upacara bendera? Mana wakil Bupati? Mana Sekda ? Mana asisten asisten? Apakah ini system kerajaan? Anak bisa mewakili orang tua di acara kenegaraan?," kata seorang warga Melonguane.

Warga tersebut menanyakan protokoler yang berlaku, sehingga seorang anggota DPR RI bisa menjadi inspektur upacara di Talaud.

"Ini terkesan memaksakan, apa kapasitas seorang anggota DPR RI menjadi inspektur upacara. Ini kan aneh. Kapasitas dia katanya menggantikan ayahnya, tapi seperti memaksakan," ujarnya.

Sementara itu, Praktisi hukum Andries Latjandu, SH mempertanyakan terkait aturan yang memperbolehkan anggota Legislatif bisa mewakili lembaga eksekutif untuk menjadi Irup dalam peringatan HUT RI.

"Dia anggota Komisi I DPR RI lembaga legislatif, bagaimana bisa mengantikan posisi ayahnya yang eksekutif?," kata Andries Kepada wartawan

Menurut dia, jika Bupati berhalangan hadir, ada wakil Bupati dan Sekda yang bisa mengantikan.

"Kan jelas kalau Bupati tidak bisa hadir, ya wakil Bupati, kalu wakil juga tidak bisa hadir ya Sekda nya dong yang ganti masa semua berhalangan hadir, ini adalah peringatan hari besar kenegaraan tidak boleh sembarangan," tegasnya.

Diketahui anggota Komisi DPR RI, Hillarry Brigitta Lasut menjadi Inspektur upacara dalam peringatan HUT RI ke-78 di Lapangan Upacara Melonguane, Talaud.

Video HBL yang bertindak sebagai inspektur upacara ini kemudian Viral dan mengemparkan jagat dunia Maya dan masyarakat sekitar hingga menuai berbagai komentar dan kritikan pedas dari warganet. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close