Profil Rio Dondokambey: Meniti Karier Politik dari Basis Hingga Nasional, Calon Legislatif DPR RI Sulut Nomor Urut 1 Profil Rio Dondokambey: Meniti Karier Politik dari Basis Hingga Nasional, Calon Legislatif DPR RI Sulut Nomor Urut 1 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Profil Rio Dondokambey: Meniti Karier Politik dari Basis Hingga Nasional, Calon Legislatif DPR RI Sulut Nomor Urut 1

4 February 2024 | 22:56 WIB Last Updated 2024-02-04T14:56:36Z

Manado, Indimanado.com - Rio Alexander Jeremia Dondokambey, B.Sc, lahir pada 1 November 1995, mencatat perjalanan karier politik yang mengesankan dan penuh dedikasi. Pria ini kini menjabat sebagai Ketua Komisi Pemuda Sinode GMIM periode 2022-2027 dan berstatus sebagai calon legislatif DPR RI dari daerah pemilihan Sulawesi Utara nomor urut 1.

Kelahiran Rio sebagai anak dari Olly Dondokambey SE, yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Provinsi Sulawesi Utara dan Bendahara Umum PDI Perjuangan, Ibu Ir Rita Tamuntuan, yang menjadi Ketua TP PKK Sulawesi Utara, memberinya landasan kuat untuk terjun ke dunia politik.

Pada tahap awal, Rio aktif di berbagai organisasi ditingkat basis.

Riwayat pendidikan Rio yang prestisius, sebagai lulusan Pennsylvania State University di Amerika Serikat, memberikan fondasi akademis yang kuat untuk perjalanan kariernya. Meskipun begitu, Rio tetap rendah hati dan bersedia memulai karier politiknya dari tingkat kecamatan, dengan menjadi Ketua PAC PDIP Kecamatan Wenang, Kota Manado.

Prestasinya tak berhenti di situ, Rio berhasil mencapai sejumlah jabatan strategis dan penting. Mulai dari Ketua KNPI Sulut periode 2019-2020, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Minahasa Utara, hingga menjadi Ketua Kadin Sulut periode 2020-2025. Pengabdian Rio juga melibatkan dirinya sebagai Ketua DPD Banteng Muda Indonesia (BMI) Sulawesi Utara dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Taruna Merah Putih (TMP) sejak (20/3/2023).

Dalam ranah olahraga, Rio tak hanya aktif sebagai Ketua Harian PB-ESI Sulut, tetapi juga menjabat sebagai Ketua IMI Sulut sejak 14 Maret 2020. Di dunia pemuda, ia memegang peran sebagai Bendahara Umum (Wabendum) Pengurus Nasional Karang Taruna periode 2020-2025, bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Umum Majelis Pertimbangan Karang Taruna. Ia juga mengisi posisi penting di tingkat nasional sebagai Bendahara Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) periode 2023-2026. 
Pemilihan ini berlangsung dalam acara pengukuhan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI yang dipimpin Presiden Joko Widodo, 19 Agustus 2023 di Medan, Sumatera Utara.

Tahun ini selain Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan, Rio Dondokambey juga mengemban tugas sebagai Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud, Sulawesi Utara.

Dengan riwayat yang mencakup berbagai jabatan dan organisasi yang prestisius, Rio Dondokambey terus memperkuat komitmennya dalam mengabdi untuk masyarakat Sulawesi Utara, sekaligus memberikan sumbangsih yang signifikan dalam dunia politik dan organisasi di tingkat nasional. (Alfa J Liando)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close