Bitung Tuna Festival Akan Menyambut Kedatangan Kapal Pesiar MV Arcadia Bitung Tuna Festival Akan Menyambut Kedatangan Kapal Pesiar MV Arcadia - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bitung Tuna Festival Akan Menyambut Kedatangan Kapal Pesiar MV Arcadia

2 March 2024 | 21:03 WIB Last Updated 2024-03-02T13:03:55Z

Bitung, Indimanado.com - MV Arcadia sebagai Kapal Pesiar pertama dari 4 Kapal pesiar terjadwal yang akan berkunjung ke Kota Bitung tahun 2024 akan disambut dengan event "Bitung Tuna Festival" pada hari kedatangannya di hari Selasa tanggal 5 Maret 2024.

Hal ini disampaikan Kadis Pariwisata Kota Bitung Pingkan Kapoh ketika ditemui di Kantor Dinas Pariwisata Kota Bitung, Jumat (1/3/2024)

"Penjemputan kapal Arcadia karena dia yang datang pertama, Arcadia itu juga sudah rutin datang di Bitung, Jadi kita tetap mempertahankan penjemputannya sehingga sangat menyentuh mereka, dimana ada event di situ, kita rangkaikan juga dengan "Bitung Tuna Festival" sehingga nanti bukan hanya sekedar ketika mereka turun terus disambut tari-tarian disambut oleh masyarakat, tapi juga di situ ada prosesi potong tuna sehingga mereka juga akan berkesan kalau Bitung Ini adalah kota perikanan," ucap Pingkan Kapoh dilandir dari Sudara.id.

"Kemudian rangkaian Bitung Tuna Festival itu selain potong tuna, langsung ada chef yang masak memperkenalkan makanan khas Bitung, ada juga kompetisi masak dari Tim Penggerak PKK, kemudian kita rangkaikan dengan event-event yang dimeriahkan oleh talent-talent yang ada di kota Bitung," lanjut Pingkan Kapoh.

Selain itu, Pingkan Kapoh juga menyebutkan bahwa produk-produk UMKM juga akan tersedia di terminal pelabuhan Samudera Bitung.

"Jadi seluruh keperluan dari para turis kita Coba siapkan di terminal termasuk UMKM dan para ekonomi kreatif yang akan menjual produk-produk ataupun makanan-makanan khas, makanan kemasan. Juga yang akan ditampilkan nanti semuanya adalah kearifan lokal yang ada di Bitung di Sulawesi Utara," ujarnya.

Kadis juga mengungkapkan bahwa menjelang kedatangan MV Arkadia ini, terkonfirmasi ada 600 orang penumpang yang sudah mengambil paket tour.

"Jadi kalau untuk tur, paket tur dari kapal memang sudah ada yang terjual. Tapi dari dari 3 ribuan passanger (penumpang) hanya sekitar 600-an yang sudah membeli paket tour. Berarti yang lainnya kan city tour, nah city tour itu yang kita manfaatkan di Pemerintah Kota Bitung khususnya Dinas Pariwisata, kita siapkan Tourism Information Center di terminal. Kita siapkan Money Changer sehingga mereka bisa langsung bertransaksi," terangnya.

"Jadi 600 orang yang ambil paket tur akan tur keluar, jadi ada yang keluar Bitung, itu ke Manado dan Tomohon kemudian yang lain ke Tangkoko.
Tapi yang City Tour seputaran Kota Bitung, pasar sampai ke Batu Angus. Nah itu dia di handle oleh Pemerintah Kota Bitung lewat HPI kemudian juga teman-teman guide (pemandu wisata) yang ada di Kota Bitung ini. Karenakan mereka sudah terlatih dari dua kapal sebelumnya," papar Pingkan.

Pingkan juga menyampaikan koordinasi kesiapan Pemkot Bitung untuk menyambut kedatangan MV Arcadia Selasa mendatang yang terkonfirmasi akan di sambut langsung oleh Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM bersama Wakil Walikota Hengky Honandar.

"Pak Wali bersama Ibu, Pak Wakil juga bersama ibu kemudian forkopimda," sebut Pingkan.

"Kalau untuk Dinas Pariwisata Pemkot Bitung,
kita sudah persiapan maksimal ini. Kita sudah koordinasi dengan mitra kerja terkait, baik Pelindo, KSOP, Bea Cukai, Kesehatan Pelabuhan, Pelni kemudian juga dengan keamanannya dengan Polres Bitung dengan Polsek Pelabuhan terkait kedatangan kapal," ujarnya.

Sehubungan dengan penyambutan MV. Arcadia ini, Kadis menyampaikan kepada masyarakat bajwa tidak semua bisa masuk ke area dermaga dan terminal pelabuhan mengingat tempat yang terbatas.

"Memang, masyarakat agak terbatas kalau mau kesana, nda bisa semua masuk. Jadi kalau mau kesana ke dermaga, ke terminal itu terbatas.
Jadi masyarakat bisa lihat tapi dari luar pelabuhan. Namun untuk Tuna Festival, kan diluar, jadi masyarakat bisa karena di luar terminal," Pungkas Pingkan.

Diinformasikan Kapal Pesiar Mewah MV Arcadia dijadwalkan akan tiba di Pelabuhan Samudera Kota Bitung pada pukul 08.00 Wita pada hari Selasa 5 Maret 2024 dengan membawa kurang lebih 1.828 penumpang dan 852 orang crew dan kembali akan melanjutkan pelayaran wisatanya pada pukul 18.00 Wita dihari yang sama.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close