Sekprov Sulut Steve Kepel Ajak Pemuda Bijak dalam Memahami dan Menggunakan Teknologi Digital Sekprov Sulut Steve Kepel Ajak Pemuda Bijak dalam Memahami dan Menggunakan Teknologi Digital - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sekprov Sulut Steve Kepel Ajak Pemuda Bijak dalam Memahami dan Menggunakan Teknologi Digital

27 February 2024 | 19:14 WIB Last Updated 2024-02-29T23:17:16Z
Istimewa

Manado, Indimanado.com - Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara (Sulut) Steve Kepel membuka Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) tentang Penyusunan Rencana Aksi Daerah Lintas Sektoral Pelayanan Kepemudaan Provinsi Sulut di Ruang CJ Rantung, Kantor Gubernur Sulut, Selasa (27/2/2024).

Sekprov mengatakan dengan melibatkan pemuda pada penyusunan rencana aksi daerah, indeks pembangunan kepemudaan di Sulut dapat meningkat.

“Pemuda memiliki peran strategis dalam menentukan arah bangsa ke depannya,” ungkapnya.

Ia menuturkan, semangat kepemudaan beranjak sejak masa kolonial, dimana organisasi Budi Utomo adalah awal kebangkitan pemuda melawan apa yang disebut kemiskinan, keterpurukan dan ketidakberdayaan.

Nilai politis kepemudaan melahirkan cita-cita luhur yakni penghapusan korupsi, kolusi, nepotisme (KKN), Penegakan Hukum dan Amandemen Undang Undang Dasar 1945.

“Artinya keberadaan pemuda berevolusi di setiap keberadaaan bangsa kita,” ujar Sekprov

Menurutnya, era digitalisasi saat ini pemuda menghadapi tantangan dan hambatan, apalagi merebaknya ideologi Transnasional.

Meski demikian, tak bisa dipungkiri era digitalisasi membawa nilai positif melalui tools-tools dan aplikasi di platform media sosial.

“Pemahaman ideologi Transnasional yang menghasut pemuda-pemuda kita. Tapi banyak peluang di era digitalisasi ini, itulah ekonomi digital misalnya unicorn, pembangunan marketplace,” jelasnya.

“Mereka memahami dan mengerti teknologi digital ini untuk bertransaksi, membuat market place baru, terjadi distribusi barang dan menghasilkan peluang ekonomi,” sambungnya.

Ia berharap di era digitalisasi peran pemuda khususnya di media sosial tidak menimbulkan dampak buruk penyebaran informasi palsu (hoaks).

Informasi di media sosial harus disaring terlebih dahulu agar menciptakan arus informasi yang valid dan mampu dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Bagaimana jika memanfaatkan medial sosial sebagai media bersosialisasi, sebagai media informasi dan tidak menyebarkan hoaks,” harapnya. (**/Ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close