Bawaslu Kota Manado Gelar Rakor Pengelolaan Data Penanganan Pelanggaran Penetapan Hasil Pemilu 2024 Bawaslu Kota Manado Gelar Rakor Pengelolaan Data Penanganan Pelanggaran Penetapan Hasil Pemilu 2024 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bawaslu Kota Manado Gelar Rakor Pengelolaan Data Penanganan Pelanggaran Penetapan Hasil Pemilu 2024

20 April 2024 | 19:55 WIB Last Updated 2024-05-07T12:04:45Z

Manado, Indimanado.com - Bawaslu Kota Manado menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tentang pengelolaan data penanganan pelanggaran dan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Manado, mahasiswa, dan media massa, yang dibuka oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu Manado, Heard Runtuwene, pada Jumat, 19 April 2024, di Roger's Hotel Manado.

Dalam sambutannya, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu Manado menekankan pentingnya pengelolaan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan dalam proses penanganan pelanggaran pemilu.


Pada kesempatan tersebut, dua narasumber hadir untuk memberikan pandangan terkait administrasi dan pengelolaan data pelanggaran pemilu, yaitu Lady Grace Jane Giroth S.S M.Si. dan Dr. Tommy Sumakul SH MH.

Lady Grace Jane Giroth menjelaskan bahwa pengelolaan data pelanggaran pemilu bertujuan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan perbaikan dalam proses pemilu. Dia juga membagi proses pengelolaan data menjadi tiga bagian, yaitu pengumpulan, verifikasi, dan analisis data.

Pertama, pengumpulan maksudnya mengumpulkan berbagai laporan informasi terkait pelanggaran pemilu dari berbagai sumber. Kedua, verifikasi yaitu memastikan keakuratan dan keabsahan data pelanggaran melalui proses verifikasi dan validasi. "Ketiga, Analis yaitu menganilisis data pelanggaran untuk mengidentifikasi pola,tren,dan faktor penyebab pelanggaran," jelasnya.

Di akhir, Ledy juga tak lupa mengatakan Pengelolaan data pelanggaran pemilu yang efektif dan komprehensif merupakan kunci untuk menjaga integritas proses demokrasi. "Dengan memahami definisi tujuan tantangan dan peran pemangku kepentingan,kita dapat mengembangkan solusi yang inovatif untuk perbaikan kedepan" tutup Ledy.


Sementara itu, Dr. Tommy Sumakul menyoroti potensi pelanggaran pemilu yang muncul akibat kompleksitas masyarakat atau budaya setempat. Dia menekankan pentingnya data berjenjang dari tingkat TPS hingga tingkat kabupaten/kota, khususnya di Kota Manado, untuk menangani pelanggaran pemilu.

Ketua Bawaslu Manado, Brilliant Maengko, berharap agar pemilu ke depan dapat berjalan lebih baik. Dia juga mengajak media untuk mendukung Bawaslu dengan mempublikasikan karya pengawasan mereka.

Rakor ini menjadi wadah penting dalam memastikan pengelolaan data pelanggaran pemilu yang efektif dan komprehensif guna menjaga integritas proses demokrasi. (Vister)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close