Raup Puluhan Juta Setiap Bulan, BUMDes Tawaang Timur Dinilai Paling Berhasil di Minsel Raup Puluhan Juta Setiap Bulan, BUMDes Tawaang Timur Dinilai Paling Berhasil di Minsel - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Raup Puluhan Juta Setiap Bulan, BUMDes Tawaang Timur Dinilai Paling Berhasil di Minsel

6 April 2024 | 01:43 WIB Last Updated 2024-04-05T17:43:23Z

AMURANG, Indimanado.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tawaang Timur Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) patut diacungi jempol. Betapa tidak, setiap gelombang atau perbulannya BUMDes besutan Hukum Tua Fonie Poluan bisa meraup Pendapatan Asli Desa (PADes) puluhan juta rupiah.

Atas pencapaian ini tentu membuat BUMDes Tawaang Timur dinilai paling sukses di Kabupaten Minsel.

Adapun sumber PADes Tawaang Timur berkat kerjasama antara Pemerintah Desa dengan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi Utara (Sulut) yakni penyediaan makanan ketering dan penginapan bagi siswa peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) dimana pihak BUMDes selaku penyedia.

Selain itu, BUMDes Tawaang Timur juga mempunyai usaha lainnya yakni depot isi ulang air minum yang dijual bagi masyarakat setempat maupun luar desa.

Tak ayal jika penghasilan BUMDes Tawaang Timur terbilang lumayan besar dan juga dinilai sukses dari BUMDes desa-desa lainnya di Kabupaten Minsel.

Hukum Tua desa Tawaang Timur, Fonie Poluan saat ditemui media ini mengatakan, pencapaian ini tak lepas dari kontribusi Poltekpel Sulut yang bole mempercayakan BUMDes Tawaang Timur sebagai penyedia Ketering maupun penginapan bagi siswa peserta diklat pemberdayaan masyarakat.

"Tentu kami sangat mengapresiasi kepada Direktur Poltekpel Sulut bapak Capt. Dedtri Anwar, SE.MM bersama jajaran yang telah banyak berkontribusi di desa kami lewat kerjasama penyediaan makanan ketering dan penginapan bagi siswa peserta DPM. Sekali lagi kami sangat berterimakasih," ujar Hukum Tua Fonie Poluan, Jumat (5/4/2024).

Istri tercinta anggota DPRD Minsel Julian Madey ini juga menambahkan, nantinnya hasil PADes rencananya untuk pengadaan lapangan olahraga dan juga pengadaan lahan pekuburan umum untuk desa Tawaang Timur.

"Sudah ada dua gelombang atau dua bulan BUMDes Tawaang Timur mendapatakan keuntungan yang memuaskan dari hasil ketering dan penginapan tersebut. Nantinya dari hasil ini kami akan pergunakan untuk pengadaan lapangan olahraga dan lahan pekuburan umum," tukasnya.

Diketahui pula, desa Tawaang Timur juga merupakan perwakilan Kecamatan Tenga untuk lomba kebersihan ditingkat Kabupaten. (Wesly)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close