BSG Tandatangani MOU Dana BOS tahun 2019 BSG Tandatangani MOU Dana BOS tahun 2019 - Media Independen

TERKINI

Iklan

BSG Tandatangani MOU Dana BOS tahun 2019

indimanado.com
18 February 2019, 01:18 WIB Last Updated 2020-01-26T20:03:28Z


INDIMANADO.COM, SULUT - Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (Bank SulutGo) kembali dipercayakan sebagai penyalur dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Provinsi Sulawesi Utara.

Sekprov Sulut Edwin Silangen dan Dirut Bank SulutGo Jeffry Dendeng menandatangani nota kesepahaman kerja sama penyaluran dana BOS 2019 di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Senin (18/2/2019).

Penandatanganan ini disaksikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven OE Kandouw

Wagub Kandouw dihadapan 500 an peserta Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Kebijakan menegaskan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan pertanggung jawaban itu sangat penting dalam suatu kegiatan pengelolaan keuangan, terutama bagi instansi pendidikan.

Menurut Wagub Kandouw, Pemprov Sulut terus fokus dan memperjuangkan anggaran pendidikan kini naik 22,9 persen, yang sebelumnya oleh Undang-Undang hanya sampai 20 persen.

"Ini berkat pak Sekprov (Edwin Silangen) dengan memberikan dan merancang hingga bisa ada perubahan kenaikan pada anggaran pendidikan," ungkap Wagub Kandouw, sembari menambahkan pada pada tahun-tahun sebelumnya hanya 204 miliar yang ditanggungan pemerintah provinsi tanpa mengurangi yang ada di kabupaten kota.

Sementara, Direktur Utama Bank SulutGo, Jeffry A.M Dendeng mengatakan," Total dana BOS yang dikelola pihaknya tahun ini sekitar Rp 560 miliar, naik dari tahun lalu. Tahun lalu kalau tidak salah Rp 530 miliar," kata Dendeng.

Dana itu untuk seluruh SD, SMP dan SMA sederajat di Sulawesi Utara. Bank SulutGo akan melayani penyaluran dana BOS melalui 15 kantor cabang di kabupaten kota se-Sulut.

Agar penyaluran lancar, Jeffry Dendeng mengimbau para kepala sekolah melengkapi laporan penggunaan dana.

"Kami berkomitmen penyaluran secepatnya. Kami minta Diknas mendesak sekolah buat laporan lengkap. Jangan seperti lalu, ada sekolah mau dananya lekas cair tapi laporannya belum tuntas," ujarnya lagi.

Terkait itu, Jeffry memastikan penyaluran BOS untuk sekolah-sekolah di Bolmong meskipun rekening kas umum daerah (RKUD) Pemkab Bolmong di luar Bank SulutGo.

"Tidak masalah karena rekening atas nama sekolah. Berbeda memang," katanya

Diketahui untuk penerimaan dana BOS tahun 2019 ini untuk siswa SLB sebesar Rp1,6 juta dan SMA Rp 1,4 per siswa.

Pada kesempatan itu juga telah dilakukan penandatanganan MoU antara pihak Pemprov Sulut melalui Sekertaris Provinsi, Edwin Silangen bersama Bank SulutGo.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua tim Managmen BOS pusat Kemendiknas RI, Wahyudi, Kepala Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sulut, AG Kawatu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota, Perwakilan Kantor Agama se-Sulut, serta para Kepala Sekolah.

(**)

Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close