Sumendap dan Rende Resmi Pimpin Pramuka Mitra Sumendap dan Rende Resmi Pimpin Pramuka Mitra - Media Independen

TERKINI

Iklan

Sumendap dan Rende Resmi Pimpin Pramuka Mitra

indimanado.com
28 February 2020, 12:20 WIB Last Updated 2020-02-28T04:20:03Z
Ketua Mabimcab, James Sumendap SH dan Ketua Kwarcab, Djein Leonara Rende SE AK.

INDIMANADO.COM, RATAHAN - Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabimcab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Minahasa Tenggara resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilaksanakan di Sport Hall Kantor Bupati Mitra, Rabu (27/2/2020).

Dikukuhkan sebagai Ketua Mabimcab, James Sumendap SH, sedangkan Ketua Kwarcab, Djein Leonara Rende SE AK.

Pengukuhan Mabimcab dilakukan Sekretaris Kwarda Sulawesi Utara (Sulut), Maurits Berhandus, sementara pengurus Kwarcab oleh Ketua Mabicab Mitra, James Sumendap SH.

Ketua Mabimcab James Sumendap dalam sambutannya mengatakan, keberadaan gerakan pramuka, kepanduan, sangatlah penting dalam membentuk akhlak generasi muda.

“Apalagi kemajuan teknologi sekarang ini, sangatlah berpengaruh terhadap mental dan karakter anak. Keberadaan pramuka kini sudah ditunjang dengan UU 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan ini kiranya dapat berjalan baik di Mitra dengan kepengurusan yang ada,” ungkap Sumendap yang juga Bupati Mitra ini.

Menurut Sumendap, pramuka juga mengartikan jiwa muda yang suka berkarya, karena Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga, dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka.

“Tentunya dengan prinsip dasar Kepramukaan dan metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur, Pramuka juga mengartikan jiwa muda yang suka berkarya. Ingat itu,” tandas Sumendap.

Sementara, Ketua Kwarcab Mitra, Djein Leonara Rende mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya memajukan sifat kepanduan generasi muda di Mitra dengan melaksanakan metode yang ada.

“Dahulu kegiatan pramuka banyak digemari, tapi sekarang rupanya sudah kurang. Ini yang menjadi tugas kami, yakni membangkitkan kembali semangat kepanduan demi menciptakan karakter, mental dan akhlak generasi penerus kita,” tukas Ketua TP-PKK ini.

Pada kesempatan tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sulut ini juga mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Mitra dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olaraga dapat membantu program kegiatan dari Pramuka.

“Saya berharap Pemkab Mitra dapat menganggarkan dana hibah bagi Pramuka dalam menjalankan program yang akan dijalankan oleh Pramuka kedepan,” harap Rende, yang akrab disapa DLR.

Sementara Ketua Kwarda Sulut melalui Sekretaris Maurits Bernhandus memberikan apresiasi atas kepengurusan yang baru, baik Mabimcab maupun Kwarcab Mitra.

“Kami memberikan apresiasi kepada pihak pemerintah daerah yang mendukung kegiatan Kepramukaan ini. Seluruh agenda kegiatan Kepramukaan bertujuan untuk membangun jiwa kepanduan, tanpa melupakan Dasa Dharma Pramuka atau janji setia Pramuka,” pungkasnya.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Wakil Bupati Drs Jocke Legi, Sekda David Lalandos AP MM, jajaran eselon II yang menjadi pengurus Mabicab, Ketua DPRD Mitra, Marty Ole serta anggota, DPRD Provinsi serta Forkopimda Mitra.

(Bill)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close