Boltim Diguncang Gempa 4,5 Magnitudo, Tidak Berpotensi Tsunami Boltim Diguncang Gempa 4,5 Magnitudo, Tidak Berpotensi Tsunami - Media Independen

TERKINI

Iklan

Boltim Diguncang Gempa 4,5 Magnitudo, Tidak Berpotensi Tsunami

indimanado.com
15 June 2020, 22:41 WIB Last Updated 2020-06-17T14:41:27Z

INDIMANADO.COM - Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diguncang gempa tektonik, dimana sesuai hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update M 4,5.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.21 Lintang Utara dan 124.56 Bujur Timur , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 61 km Barat daya Tutuyan, Boltim, Sulut pada kedalaman 10 km.

Lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya menunjukkan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal karena deformasi batuan akibat aktivitas Subduksi Lempeng Laut Maluku.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kotamobagu, Boltim dan Minahasa Tenggara dengan skala II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Sulut Edward H Mengko, Senin (15/6/2020).

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan, namun kepada masyarakat Mengko menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pungkas dia.

(Subhan)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close