Gubernur Olly Luncurkan 3 Aplikasi Inovasi Terbaru di Hari Jadi Pemprov Sulut ke-57 Gubernur Olly Luncurkan 3 Aplikasi Inovasi Terbaru di Hari Jadi Pemprov Sulut ke-57 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gubernur Olly Luncurkan 3 Aplikasi Inovasi Terbaru di Hari Jadi Pemprov Sulut ke-57

23 September 2021 | 19:46 WIB Last Updated 2021-09-23T11:46:17Z
Gubernur Olly Dondokambey saat meluncurkan aplikasi terbaru layanan inovasi, didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekprov Edwin Silangen, dan Kepala Diskominfo, persandian dan statistik Sulut, Christiano Talumepa. Istimewa


MANADO, (indimanado.com) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw meluncurkan aplikasi terbaru layanan inovasi, Kamis (23/9/2021).

Ada tiga aplikasi diluncurkan bertepatan dengan Perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulut ke-57 di Lapangan Kantor Gubernur.

Gubernur Olly dan Wagub Steven didampingi Sekprov Edwin Silangen dan Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (DKIPS) Sulut Christiano Talumepa ketika meluncurkan aplikasi SatuDataSukut, Aplikasi Dashboard Pimpinan Start, dan Modul Aplikasi E-Sign.

Gubernur Olly mengatakan, apliksi ini nantinya untuk mewujudkan tata kelola data yang akurat, muktahir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu mudah diakses dan dibagipakaikan sebagai pusat integrasi data dan sertifikasi tanda tangan elektronik pemprov Sulut.

Christiano Talumepa, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulut menjelaskan, pertama, Aplikasi SatuData merupakan kolaborasi DKIPS Sulutbdengan Badan Pusat Statistik.

Aplikasi ini dibuat untuk mengintegrasi dan memudahkan user untuk mendapatkan data-data progres pembangunan di semua sektor, yang terangkum baik program kegiatan perangkat daerah

“Sehingga dibuatlah aplikasi SatuData. Semua kegiatan dan program perangkat daerah bisa terlihat di dalam aplikasi ini,” kata Kepala DKIPS Sulut.

Kedua, Aplikasi Dashboard Pimpinan Start. Talumepa menjelaskan, aplikasi ini sama juga dengan SatuData, tapi sifatnya internal Pemerintah Provinsi yang dikelola langsung DKIPS Sulut.

Ketiga, Aplikasi E-Sign. Talumepa menjelaskan, E-Sign ini merupakan aplikasi tanda tangan elektronik dan naskah dinas elektronik

“Jadi aplikasi ini dibuat dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19,” kata Mantan Pjs Bupati Boltim ini.

Ia mengatakan, kalau masih menggunakan manual, atau naskah dinas dengan kertas, maka ada potensi penularan Covid.

Oleh karena ini diciptakan E-Sign, sangat berguna dalam rangka mengetahui rekam atau jejak digital , jadi tidak ada lagi alasan surat tercecer atau hilang. Semua terekam, dan mempermudah pimpinan menandatangani surat dimana pun berada.”

“Tinggal dengan barcode, bukan lagi berkas-berkas mau dibawa lagi,” ungkap Mantan Kepala Biro Hukum Pemprov Sulut ini.

Ia mengungkapkan, aplikasi – aplikasi ini diluncurkan bagian dari inovasi dilakukan Pemprov dalam rangka menyeimbangkan proses digitalisasi ini.

“Torang ini kan tidak bisa menghindar dari proses digitalisasi,” katanya. (*)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close