Bimtek Tata Kelola BUMDES, Mokosolang Apresiasi BPKP-RI Perwakilan Sulut Bimtek Tata Kelola BUMDES, Mokosolang Apresiasi BPKP-RI Perwakilan Sulut - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bimtek Tata Kelola BUMDES, Mokosolang Apresiasi BPKP-RI Perwakilan Sulut

25 November 2021 | 23:08 WIB Last Updated 2021-11-25T15:08:56Z


MITRA, (Indimanado.com) - Mantapkan kesiapan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kepada 20 Desa dari 135 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa, bertempat di Sport Hall kantor DPRD Mitra, 24-25 November 2021.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas PMD Mitra Arnold Mokosolang, MM dalam sambutannya mengatakan, Bimtek sendiri tujuannya untuk memberi pemahaman tentang manajerial BUMDes yang baik dalam rangka tata kelola Badan Usaha Milik Desa.

"Karena itu kami memintakan kepada kepala bidang saya, agar BUMDes yang tidak siap mengikuti Bimtek saat ini saya tegaskan untuk di ganti," tegas Mokosolang.


Lebih lanjut dikatakan lelaki yang dikenal tegas namun baik hati tersebut, Minahasa Tenggara berdasarkan visi dan Misi Bupati James Sumendap, SH, MH salah satu program adalah pemberdayaan masyarakat.

"Kalau di dinas PMD itu melalui dana desa adalah penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sistem penguatanya tercermin dari tata kelolanya," pungkas mantan Kabag Humas.

Lebih lanjut dikatakan Mokosolang, pihaknya memberikan apresiasi luar biasa kepada pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI perwakilan Provinsi Sulut. Karena lewat program bersama, Kabupaten Mitra untuk dijadikan tempat pelaksanaan Bimtek.

"Ini sangat luar biasa, saya apresiasi BPKP RI perwakilan Provinsi Sulut yang memilih Mitra. Tidak semua Kabupaten Kota di pilih pihak BPKP, dan tidak semua pengurus BUMDes ikut Bimtek ini," ucap Mokosolang.

Ditambahkannya, program yang dilaksanakan tersebut adalah program kerjasama dengan pihak BPKP dan sekaligus BPKP sebagai pembawah materi.

"Mudah-mudahan kerjasama ini tetap terus berlanjut sampai dengan tahun-tahun berikutnya, dari 135 desa di Mitra ada sebanyak 90 desa yang aktif BUMDesnya. Hari ini peserta akan mengikuti cara masuk ataupun mengoperasikan aplikasi yang ada," tuturnya.

Diakhir sambutannya Mokosolang menuturkan, apa yang peserta dapat saat hari ini bisa menjadi pilot project, atau satu acuan dalam rangka tata kelola BUMDes.

"Karena itu saya berharap, selesai kegiatan Bimtek selama dua hari ini. Para peserta bisa membagikan kepada para pengurus BUMDes lainnya," tutup Mokosolang.

Adapun pemberi materi dari BPKP perwakilan Provinsi Sulut yaitu, Danny Febrianto bersama, Safira Karisma.Serta diikuti sekira 40 orang yang terdiri dari 20 BUMDes se-Mitra, serta Sekertaris Dinas PMD Ir. Mas Onsu ME, kepala Bidang, Kasubid dan seluruh staf PMD. (Bill)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close