Keamanan Wilayah Perbatasan Negara di Sulut Jadi Perhatian Serius Pemerintah Pusat Keamanan Wilayah Perbatasan Negara di Sulut Jadi Perhatian Serius Pemerintah Pusat - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Keamanan Wilayah Perbatasan Negara di Sulut Jadi Perhatian Serius Pemerintah Pusat

24 May 2022 | 11:39 WIB Last Updated 2022-05-25T03:45:04Z
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian didampingi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat memberikan keterangan pers. Foto istimewa


MANADO, (indimanado.com) - Wilayah Perbatasan Negara yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) jadi perhatian serius pemerintah pusat.

Senin (23/5/2022) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja di wilayah ini, termasuk meninjau langsung Kabupaten Kepulauan Talaud yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Di Kantor Gubernur Sulut, Menko dan Mendagri mengakui kunjungan ke wilayah perbatasan Negara merupakan agenda penting untuk menyikapi isu maupun berbagai peristiwa yang terjadi, khususnya soal keamanan.

“Saya dan Mendagri biasa rutin mengunjungi wilayah perbatasan sejak dua tahun terakhir,” ungkap Mahfud dalam konferensi pers.

Mahfud juga angkat bicara terkait keamanan di wilayah perbatasan Negara di Sulut menyusul ditemukannya sejumlah senjata api (senpi) di rumah warga yang kini tengah ditangani kepolisian.

“Untuk kasus itu tengah ditangani Polri, sesuai dengan aturan yang ada, karena berkaitan dengan pelanggaran hukum. Itulah sebabnya, hari ini dan sejak dua tahun lalu saya dan Mendagri datang ke daerah-daerah perbatasan untuk menyikapi berbagai peristiwa pelanggaran hukum, bukan hanya senpi saja,” jelasnya.

Senada disampaikan Mendagri Tito Karnavian. Menurutnya, kunjungan dilakukan untuk mengecek kondisi yang ada di wilayah perbatasan.
“Kunjungan yang lalu kan ke Natuna. Nah, sekarang ke Miangas,” katanya.

Diketahui, Menko Polhukam dan Mendagri pada Selasa (24/5/2022) hari ini, menuju Kepulauan Talaud untuk mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2022 di Melonguane.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan simbolis bantuan kepada masyarakat perbatasan, penandatanganan prasasti program kegiatan 2022, penandatanganan MoU antara Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud tentang program pembangunan dan pengelolaan rumah sehat Baznas Miangas, peletakan batu pertama pembangunan gedung
perpustakaan umum daerah 2022,
peninjauan vaksinasi dan pelayanan Dukcapil dan penanaman pohon di kompleks Kantor Bupati.

Menko Polhukam dan Mendagri juga akan melakukan dialog singkat bersama masyarakat. (**)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close