Kanwil ATR/BPN Sulut Luncurkan Inovasi Layanan Digital Permudah Pengurusan Sertifikat Tanah Kanwil ATR/BPN Sulut Luncurkan Inovasi Layanan Digital Permudah Pengurusan Sertifikat Tanah - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kanwil ATR/BPN Sulut Luncurkan Inovasi Layanan Digital Permudah Pengurusan Sertifikat Tanah

25 August 2022 | 23:07 WIB Last Updated 2022-08-26T04:13:18Z

 

Kanwil ATR/BPN Sulut Luncurkan Inovasi Layanan Digital Permudah Pengurusan Sertifikat Tanah (Foto Subhan)



INDIMANADO.COM, Manado - Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaunching program inovasi layanan digital dari Kantor ATR/BPN Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut.


Kakanwil ATR/BPN Provinsi Sulut Lutfi Zakaria mengatakan bahwa dalam meningkatkan pelayanan, harus didasari pada keinginan ingin melayani dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat di bidang pertanahan


Dia mengaku menyadari bahwa ada perspektif-perspektif pelayanan di kantor ATR/BPN itu lama, susah, diperbelit-belit, tidak jelas biayanya, bahkan orang harus bolak-balik sampai 10 kali bahkan berlebih.


"Misalnya ngurus sampai meninggal pun, baru jadi sertifikatnya. Dan ini tentunya menjadi perhatian kami dan menjadi catatan kami khususnya,” ujar Lutfi, Kamis (25/8/2022)


Oleh karena itu, ATR/BPN Sulut kemudian mencoba membuat berbagai inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat itu untuk kenyamanan. 


"Masyarakat senantiasa merasa aman dan jelas juga terkait pembiayaaannya. Pelayanan juga, yang ketika datang ke Kantor pertanahan masyarakat merasa nyaman,” katanya.


Atas dasar itulah ATR/BPN Sulut kemudian melakukan inovasi layanan digital untuk mencegah adanya masalah dan atau lebih jauh adanya mafia tanah.


“Itulah sebabnya,kami berupaya agar masyarakat itu bisa datang langsung mengurus pelayanan itu ke Kantor pertanahan,” katanya.


Sementara itu Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN Sundaizal yang juga turut hadir dalam launching tersebut menyambut baik langkah yang dilakukan pihak ATR/BPN Wilayah Sulut. 


Dirinya berpesan, agar program ini benar-benar dijalankan, dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.


“Saya menyambut baik hal ini, terutama komitmen waktu penyelesaian. Semoga sama-sama bisa mewujudkan pelayanan yang baik untuk masyarakat,” pungkasnya


Ada pun inovasi layanan dari kantor pertanahan kota Manado yakni Layanan Roya Instan (Lari), Real Time Service Peralihan Hak, Red Carpet Loket Prioritas, Sistem Manajemen Arsip Sistematis (Simanis), Layanan Langsung Mandiri Pertanahan (Lalampa) dan Pelayanan Pendaftaran Akhir Pekan (Pelataran).


Inovasi layanan dari Kantor Pertanahan Kabupaten Minahasa yakni Layanan Express Mandiri Perorangan (Lemper), dan layanan pendaftaran tanah pertama kali, SiapTepat Waktu (Sepatu).


Inovasi layanan dari Kantor Pertanahan dari Kota Bitung yakni Loket Khusus Pemohon Langsung, Kepastian Penyelesaian Layanan, Happy Day Perubahan Hak, Happy Day Roya, Antar Sertipikat Dalam Kota dan WA Blast.


Dari Minahasa Utara, Inovasi Layanan Kantor Pertanahan yakni Loket Khusus Pemohon Langsung, Anter Sertipikat (Terpikat), Ketapel dan Satu Hari Kelar (Sakelar).

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close