Majukan Sektor Kesehatan di Sulut, Gubernur Olly Datangkan Alat Canggih dari Korsel Majukan Sektor Kesehatan di Sulut, Gubernur Olly Datangkan Alat Canggih dari Korsel - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Majukan Sektor Kesehatan di Sulut, Gubernur Olly Datangkan Alat Canggih dari Korsel

4 August 2022 | 23:54 WIB Last Updated 2022-08-20T18:31:49Z
Foto istimewa


MANADO, (indimanado.com) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey benar-benar berkomitmen memajukan sektor kesehatan di Bumi Nyiur Melambai. Dalam waktu dekat ini akan hadir alat baru dengan teknologi canggih, Telemedicine menggunakan konsep Metaverse dari Korea Selatan (Korsel).

Direktur RSUD ODSK dr Enriko Rawung MARS mengatakan keunggulan alat ini yakni, pasien tak perlu berhadapan langsung dengan dokter berbagai penyakit bisa dideteksi oleh dokter walaupun pelayanan jarak jauh.

“Kami akan ujicoba September mendatang, akan dipasang satu alat di RSUD ODSK dan satu lagi di Puskesmas Kolongan,” ujar Rawung, Kamis (4/8/2022).

Dengan adanya konsep Metaverse, akan mewujudkan harapan gubernur terkait disparitas kesehatan di Sulut.

“Tahap awal kita fokus daerah terpencil seperti di Miangas, Marore karena di sana sulit ada dokter. Ya, terbatas masalah geografis,” ungkapnya.

Bila konsep itu berhasil, lanjut dia, akan diimplementasikan ke semua rumah sakit di Sulut. Agar layanan kesehatan terus meningkat.

Menariknya, program tersebut tidak dibiayai oleh APBD. “Tidak ada satu persen dari APBD. Ini semua disupport Pusan National University Hospital,” ungkapnya.

Terwujudnya program ini atas lobi Gubernur Olly Dondokambey saat bertemu dengan Pakar Antiaging Korea Selatan (Korsel), Yung Soon Moon, Rabu (10/5/2022).

“Ini sebagai tindak lanjut pak gubernur bertemu dengan Mr Moon pada Mei lalu di Seoul. Mr Moon lanjut datang ke sini minggu lalu. Kemudian saat ini Pusan National University Hospital yang datang berkunjung uji coba teknologi baru itu,” tuturnya. (ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close