Bersama Forkopimda Bitung, Wawali Ikut Rakor Inflasi Daerah dengan Mendagri Bersama Forkopimda Bitung, Wawali Ikut Rakor Inflasi Daerah dengan Mendagri - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bersama Forkopimda Bitung, Wawali Ikut Rakor Inflasi Daerah dengan Mendagri

28 February 2023 | 00:05 WIB Last Updated 2023-03-14T22:13:13Z


BITUNG, (Indimanado.com)  – Bertempat di Ruang Kerja, Wakil Walikota (Wawali) Bitung Hengky Honandar, SE bersama Forkopimda Kota Bitung yang diwakili dan para Kepala Perangkat Daerah terkait, Mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi Daerah secara Virtual, Senin (27/2/2023).



Dalam kegiatan tersebut Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memaparkan materi tentang pengendalian inflasi Tahun 2023 dan membahas langkah-langkah konkret pengendalian inflasi di daerah masing-masing tahun 2023.



Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian juga menyampaikan kembali arahan Presiden Republik Indonesia pada rapat kerja nasional asosiasi pemerintah provinsi seluruh Indonesia yang menekankan tentang Peningkatan Konsumsi dan Belanja Masyarakat.



“Mobilitas dan belanja masyarakat harus digenjot, memanfaatkan Even-even Seni dan olahraga, mempermudah perijinan untuk meningkatkan ekonomi serta promosikan desa wisata untuk menyerap produk UMKM daerah,@ ujar Mendagri Tito.

 

Selain itu, Hilirisasi Produk, disektor perikanan, pertanian dan perkebunan serta memastikan ketersediaan Pangan di Daerah Masing-masing dengan menjaga harga dan pasokan.



“Juga sinergi antar daerah penting dilakukan terutama bagi daerah surplus kepada daerah yang kurang serta lakukan Kontrol langsung dengan turun ke pasar karena ini menyangkut dengan inflasi,” pinta Medagri.



Tak hanya itu, Mendagri menegaskan Belanja Produk Dalam Negri, mendorong APBD untuk membeli produk dalam negeri agar dapat membantu UMKM naik kelas serta peningkatan iklim Investasi, penurunan Stunting  serta memperhatikan masa depan Tenaga Honorer.



Ada juga arahan presiden tentang pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi yaitu Kepala daerah terus memonitori setiap minggu,dan menjaga pertumbuhan ekonomi dan inflasi.



Selain itu kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. serta Pelaksanaan rapat TPID secara regular rutin (mingguan) dan perintahkan Sekda sebagai Kasatgas pangan agar mengendalikan harga pangan.



Tak hanya itu Daerah-daerah yang kurang terkendali segera lakukan intervensi pengendalian, pemerintah pusat juga memonitor melalui TPIP (khususnya tarif PLN,PDAM,angkutan Kota).

 

Hadir dalam rapat tersebut, Perwakilan Forkopimda Kota Bitung, Para Kepala Perangkat Daerah Yang terkait. (Advetorial)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close