Menilik 2 Tahun Kerja 'Malendong' Maurits Mantiri-Hengky Honandar di Kota Bitung Menilik 2 Tahun Kerja 'Malendong' Maurits Mantiri-Hengky Honandar di Kota Bitung - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Menilik 2 Tahun Kerja 'Malendong' Maurits Mantiri-Hengky Honandar di Kota Bitung

1 April 2023 | 22:25 WIB Last Updated 2023-04-12T01:27:28Z

BITUNG, (Indimanado.com) - Suara lantang pemimpin baru Kota Bitung dalam pengucapan sumpah dan janji untuk "berbakti kepada masyarakat, Nusa dan Bangsa" 2 tahun silam (31/3/2021) seolah masih menggaung diseantero bumi Kota Cakalang dalam bentuk program dan pencapaian pembangunan sebagai perwujudan program visi-misi dari Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri bersama Wakil Walikota, Hengky Honandar SE (MM-HH) untuk mengatasi segala permasalahan yang ada di tengah masyarakat Kota Bitung, yang dirangkum menjadi akronim SEPAKAT (Selesaikan Permasalahan Rakyat).


Tekad dan komitmen dalam membangun Kota Bitung menjadi kota digital yang mandiri, sejahtera dan berkarakter berlandaskan gotong - royong, yang di implementasikan kedalam:

  1. Mewujudkan kota Bitung yang hidup rukun, harmonis, aman, nyaman dan damai dalam perbedaan.
  2. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar yang berkualitas.
  3. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi melalui iklim usaha yang ramah investasi yang didukung oleh infrastruktur dan suprastruktur sosial ekonomi yang berkualitas.
  4. Menciptakan pemerintah bersih, efektif, efisien dan hebat.


Visi Misi ini tertuang dalam berbagai program strategis/unggulan pemkot Bitung saat ini, diantaranya:
1.Bitung Digital City (DC)
2. Bitung Peduli
3. Bitung Bangkit
4. Bitung Kota Cantik
5. Bitung Rumah Kita
6. Pemerintahan Hebat
7.Bitung Pintar.


Berikut bagan pencapaian target dalam 2 tahun kepemimpinan MM-HH dari program tersebut. Foto/Sumber: BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bitung)

Pencapaianpun ini niscaya diraih, karena MM-HH memilih konsep kerja 'Malendong' (kolaborasi). Tidak hanya dari jajaran Pemkot Bitung, tetapi juga unsur Forkopimda, Instansi vertikal/BUMN/BUMD yang ada di Kota Bitung, unsur masyarakat seperti Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Komunitas Pemuda, Komunitas Kreatif, yang semuanya dilibatkan duet MM-HH untuk mewujudkan Visi Misi pemerintahan yang dipimpinnya, khususnya dalam menjaga Kota Bitung tetap kondusif, aman, nyaman dalam perbedaan masyarakatnya yang heterogen. 




Dan karena mengingat hal ini pula, Walikota Maurits dalam setiap kesempatan selalu menggaungkan kalimat, "Kerjakan dengan cinta, jauhkan kebencian!," sebagai nafas bagi semua unsur/perangkat daerah dalam menjalankan tugasnya.



Tak ayal, pencapaian 2 tahun kepemimpinan MM-HH ini menyumbang begitu banyak penghargaan bagi Kota Bitung, Setidaknya ada 18 penghargaan yang diboyong ke Kota Bitung. Penghargaan yang diraih antara lain;
1.Adipura Kencana
2.Universal Health Coverage (UHC)
3.Rekor MURI Gasing (Matematika)
4.Dirjen Pajak, atas 100 % 2022
5.Anugerah Sensational 2022
6.Paritrana Award
7.Penghargaan BPS Sulut 2022
8.Penghargaan Pelayanan KB
9.Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)
10.Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
11.Mitra terbaik Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Utara
12.Pelayanan Publik berbasis HAM
13.Penghargaan WTP ke 11
14.Juara I Perencanaan Pembangunan Daerah Sulawesi Utara 2023
15.Juara III Perencanaan Pembangunan Daerah Sulawesi Utara 2022
16.Kota Paling berkelanjutan (juara 2) di Wilayah Sulawesi
17.Penghargaan Ombudsman
18. Tokoh Moderasi Agama.



Torehan prestasi yang baru berjalan 2 tahun ini tidak lepas dari konsistensi, kekompakan, soliditas, serta harmonisasi dalam memimpin dan melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangan dari duet pimpinan Kota Bitung ini, sehingga pemerintahan yang baru berjalan 2 tahun ini, prestasinya terasa seperti sudah berjalan 4 tahun. (Ido Tobing/Advetorial)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close