Bupati Franky Wongkar Mendorong Pertumbuhan Pertanian melalui Pembuatan dan Pengaplikasian Biosaka Bupati Franky Wongkar Mendorong Pertumbuhan Pertanian melalui Pembuatan dan Pengaplikasian Biosaka - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati Franky Wongkar Mendorong Pertumbuhan Pertanian melalui Pembuatan dan Pengaplikasian Biosaka

9 June 2023 | 20:34 WIB Last Updated 2023-06-09T12:34:03Z


MINAHASA SELATAN, Indimanado.com - Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar, SH menghadiri kegiatan demonstrasi pembuatan dan aplikasi Biosaka di Kecamatan Ranoyapo, yang berlangsung di Batukurung Farm, Poopo Kecamatan Ranoyapo pada Kamis, 8 Juni 2023.

Dalam acara tersebut, Bupati turut serta dalam demonstrasi pembuatan Biosaka dan cara pengaplikasiannya pada tanaman. Selain itu, Bupati juga secara simbolis menyerahkan bantuan bibit jagung kepada perwakilan kelompok tani. Pada acara tersebut, Bupati juga memberikan penghargaan kepada Melisa Sabrina Sakul, SP yang berhasil meraih gelar Duta Young Ambassador YESS Tahun 2023 (Duta Muda Pertanian) sebagai utusan dari Kabupaten Minahasa Selatan dan mewakili Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Franky Donny Wongkar, SH menyampaikan bahwa produk Biosaka ini merupakan inovasi yang ditemukan oleh petani dan telah diterapkan di beberapa kecamatan dengan hasil yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Ia juga mengungkapkan bahwa sektor pertanian memberikan kontribusi terbesar dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Minahasa Selatan pada tahun ini. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara "Marijo Ba Kobong" dan program Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan "Marijo Ba Tanam". Bupati juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan dan merawatnya.

Bupati menghimbau kepada para petani di Minahasa Selatan untuk terus menggalakkan dan mengoptimalkan kegiatan pertanian. Ia juga mengingatkan para pejabat pemerintah agar menjadi motor penggerak dan teladan bagi masyarakat. Bupati juga menyinggung program upland yang sedang dilaksanakan di Modoinding, yang memberikan bantuan bibit, pupuk, dan alat mesin pertanian secara gratis kepada petani.

Selanjutnya, Bupati Franky Donny Wongkar, SH menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban wilayah, terutama saat memasuki tahun politik. Ia mengajak pemerintah setempat, camat, hukum tua, Kapolsek, dan Danramil untuk terus berkoordinasi. Bupati juga mengimbau masyarakat untuk hidup rukun, saling membantu, dan menciptakan suasana kondusif. Ia meminta dukungan masyarakat untuk mendukung program pemerintah, terutama di bidang pertanian, guna mewujudkan kesejahteraan petani dan masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan secara keseluruhan.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, yang diwakili oleh Roin Saroinsong, SP., M.Si selaku Kepala Balai Pelatihan Teknis Pertanian Provinsi Sulawesi Utara, serta Kepala Laboratorium Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Pangan dan Hortikultura, Oldi Kotabunan, SP., M.Si. Turut hadir juga para penyuluh pertanian, perwakilan petani, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Bupati Minahasa Selatan dalam kegiatan ini didampingi oleh Staf Khusus Bupati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Camat Ranoyaipo, Forkopimcam Ranoyapo, perwakilan Dinas Pertanian, Kepala Puskesmas Ranoyapo, Koordinator BPP Kecamatan Ranoyapo, dan Hukum Tua se-Kecamatan Ranoyapo. (Ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close